Sukses

Daya Baterai iPhone XR Diklaim Paling Buruk

iPhone XR cuma bertahan selama 16 jam 32 menit. Padahal, Apple mengklaim iPhone ini bisa bertahan hingga 25 jam dalam pemakaian normal.

Liputan6.com, Jakarta - Meski banyak dicari karena paling terjangkau dan performanya setara dengan iPhone X, nyatanya iPhone XR tidak sepenuhnya sempurna.

Menurut Badan Pengawas Konsumen Inggris alias UK Consumer Watchdog, performa daya iPhone XR diklaim paling terburuk dari semua seri iPhone yang telah dirilis.

Mereka juga telah menguji sembilan model iPhone baru untuk melihat daya dari masing-masing iPhone.

Berdasarkan temuan Head of Home Product and Service UK Consumer Watchdog Natalie Hitchins, di antara kesembilan iPhone tersebut, iPhone XR benar memiliki performa daya paling rendah.

iPhone itu cuma bertahan selama 16 jam 32 menit. Padahal, Apple mengklaim iPhone ini bisa bertahan hingga 25 jam dalam pemakaian normal.

Apple pun menanggapi hasil pengujian yang dilakukan UK Consumer Watchdog. Mereka berdalih, pengukuran daya iPhone XR oleh perusahaan asal Cupertino ini dilakukan sendiri.

Apple juga menilai uji daya berbasis laboratorium seperti yang dilakukan UK Consumer Watchdog tak mencerminkan bagaimana kinerja daya sebuah iPhone di dunia nyata.

Kinerja daya dipengaruhi beberapa variabel, seperti koneksi telepon ke data atau WiFi, aplikasi yang dipakai, dan faktor eksternal seperti suhu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelaan Apple

Apple juga mengungkapkan kalau integrasi antara software dan hardware, dirancang untuk mengelola penggunaan daya secara cerdas, di mana hal ini diyakini dapat mengoptimalkan masa pemakaian baterai iPhone.

"Uji laboratorium baterai iPhone itu tergantung pada pengaturan yang mencoba replikasi penggunaan normal. Mereka memilih untuk tidak membagikan kriteria, sehingga tidak mungkin kalau kami menilai apa yang mereka uji," ujar Apple seperti dikutip Mirror pada Selasa (7/5/2019).

Tak cuma iPhone, ada beberapa perangkat lain yang baterainya diuji, seperti merek HTC, Nokia, Samsung, dan Sony.

Hitchins juga berujar kalau pengujian dilakukan pada smartphone dengan baterai penuh, dan pengukurannya dilakukan pada berapa lama perangkat bertahan saat digunakan telepon secara terus menerus.

 

3 dari 3 halaman

Daya Baterai HTC Juga Loyo

Ia pun mengungkap kalau daya baterai HTC justru yang paling pendek, dengan perbedaan sekitar lima persen.

Baru berikutnya, Samsung, Sony, dan Nokia, yang performanya melebihi waktu.

"Uji coba ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan pengguna tentang menemukan sumber informasi terpercaya saat ingin membeli smartphone. Smartphone memang telah menjadi bagian vital dari kehidupan sehari-hari. Jadi, kita harus mengandalkannya sesuai dengan klaim produsen," pungkas Hitchins.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.