Sukses

5 Cara Ubah Smartphone Lawas Jadi Barang Elektronik Fungsional

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, hampir dapat dipastikan akan selalu ada model smartphone dengan teknologi terkini yang hadir di pasaran.

Oleh sebab itu, menjadi lumrah seseorang semakin mudah berganti smartphone, terutama bagi mereka yang selalu mengikuti tren teknologi terkini.

Namun, setelah mendapatkan smartphone baru, tidak jarang pengguna bingung menentukan apa yang harus dilakukan untuk perangkat lawasnya.

Meskipun ada beberapa opsi yang dapat diambil, seperti menjualnya, diberikan pada orang lain, atau mendaur ulangnya.

Ketiga opsi itu merupakan hal paling wajar dilakukan seseorang saat mendapatkan smartphone baru. Akan tetapi, dengan sedikit trik, smartphone lawas sebenarnya dapat dibuah menjadi peralatan elektronik yang fungsional.

Hal itu dimungkinkan sebab smartphone pada dasarnya merupakan perangkat komputer sederhana yang dibekali dengan kamera, sehingga pengguna dapat memanfaatkannya untuk beragam fungsi lain.

Melalui trik semacam ini, pengguna juga dapat menghemat dana ketimbang membeli perangkat elektronik baru.

Karenanya, untuk mengetahui lebih jelas cara mengubah smartphone lawas jadi fungsional, simak tips singkat yang dikutip dari CNET, Sabtu (4/5/2019), berikut ini.

1. Mengubah smartphone Android-mu menjadi Google Home

Untuk mengubah smartphone Android lawasmu menjadi Google Home bukan perkara sulit. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, karena memang fitur Google Assistant sudah tersedia di smartphone Android.

Jadi, kamu tinggal memastikan smartphone Android-mu menggunakan versi terbaru dan hubungkan dengan speaker bluetooth. Setelah itu, kamu tinggal mengucapkan 'OK, Google' dan memberikan perintah suara.

Nantinya, seluruh hasil perintah akan diberikan langsung melalui speaker tersebut dan kamu sudah mendapatkan Google Home versi sederhana. 

2 dari 3 halaman

2. Buat Smartphone-mu Sebagai Kamera Keamanan

Opsi lain yang dapat kamu lakukan adalah mengubah smartphone-mu menjadi kamera keamanan. Kamu tinggal mengunduh aplikasi kamera keamanan, seperti Alfred untuk memulainya.

Setelah itu, cari lokasi paling strategis untuk meletakkan smartphone-mu dan pastikan mampu memantau wilayah sekitar. Terakhir, kamu dapat memantau kondisi sekitar dari perangkat anyarmu.

3. Manfaatkan Sebagai Baby Monitor

Cara lain yang juga dapat kamu lakukan dengan smartphone lawas adalah menjadi baby monitor. Kamu cukup menyetelnya di kamar bayi dan dapat langsung mengaksesnya dari smartphone anyar.

Untuk melakukannya, kamu tinggal memasang aplikasi, seperti Dormi atau Cloud Baby Monitor. Opsi lain yang dapat kamu lakukan adalah memasang aplikasi video call di masing-masing perangkat.

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan Smartphone Lawas Jadi Mouse Nirkabel

Manfaat lain dari smartphone lawas adalah membuatnya menjadi mouse nirkabel. Sama seperti sebelumnya, kamu tinggal memasang aplikasi seperti Remote Mouse yang tersedia untuk iPhone dan Android.

Namun perlu diketahui, smartphone-mu harus tersambung lebih dulu dengan jaringan wi-fi yang sama dengan komputer atau laptop. Setelahnya, kamu tinggal membawa smartphone lawas itu kemana-mana.

5. Pakai Smartphone Lawasmu sebagai Pemutar Musik

Cara mengubah smartphone lawasmu menjadi pemutar musik adalah dengan menghapus seluruh data yang ada di dalamnya. Lalu, pasang aplikasi pemutar musik atau file musik favorit.

Apabila kamu pengguna premium dari aplikasi streaming musik, kamu dapat mengunduh sebanyak-banyaknya dan membuat koleksi lagu sendiri.

Saat tertarik memperdengarkannya ke lebih banyak orang, kamu tinggal menghubungkan perangkat itu ke speaker. Selamat mencoba.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek di Sini untuk Uji Seberapa Kuat Password Media Sosial Kamu
Artikel Selanjutnya
Mata Bocah 4 Tahun Rusak Gara-Gara Smartphone