Sukses

Polisi Inggris Gunakan Detektor untuk Peringati Pengemudi yang Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Polisi di Thames Valley dan Hampshire, Inggris, memanfaatkan teknologi detektor untuk memperingati pengemudi kendaraan yang menggunakan smartphone.

Dilansir BBC pada Senin (15/4/2019), detektor ini akan berfungsi dan memperingati pengemudi yang ketahuan memakai smartphone dengan menampilkan cahaya flash.

Namun, ada kekurangan dari alat detektor ini, di mana ia belum bisa membedakan apakah pengemudi atau penumpang yang menggunakan smartphone ketika berkendara.

Detektor ini tidak akan digunakan sebagai alat penegakan hukum, melainkan bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada pengemudi soal bahaya penggunaan smartphone saat berkendara.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Detektor

Detektor ini menggunakan sinyal 2G, 3G, dan 4G dan langsung menampilkan cahaya flash ke pengemudi yang menggunakan smartphone, entah itu untuk SMS, menelepon, atau berinternet.

Meski begitu, detektor tidak akan memperingati pengguna yang menggunakan smartphone dengan perangkat hands free berbasis koneksi Bluetooth.

 

3 dari 3 halaman

Dikenakan Denda

Nantinya, detektor ini akan dipasang di beberapa lokasi Thames Valley dan Hampshire, ke depannya akan lebih banyak detektor muncul di lokasi lain.

Adapun pengemudi yang ketahuan memakai smartphone lewat detektor ini, akan mendapatkan denda sebesar 200 poundsterling atau setara dengan Rp 3,6 juta.

(Shintya Alfian/Jek)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Merek Smartphone Android yang Sering Rusak dan Paling Banyak Diservis
Artikel Selanjutnya
Aksesoris Smartphone Apa yang Paling Banyak Diminati Milenial?