Sukses

Cara Membuat Robot Sederhana untuk Pemula, Tak Perlu Ahli Program

Liputan6.com, Jakarta Robot identik dengan serangkaian elektronik yang dirakit dengan barbagai macam komponen. Sampai akhirnya menghasilkan robot yang dapat digunakan baik hanya untuk bermain atau untuk dijadikan alat bantu manusia.

Ya, robot merupakan seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu.

Nah, untuk membuat robot canggih, tentunya kita membutuhkan alat canggih, program yang rumit, dan keahlian khusus pastinya. Hal ini dibutuhkan dalam pembuatan robot guna menghasilkan robot yang bisa bergerak, bahkan berpikir dan melakukan gerak seperti makhluk hidup.

Namun bagi Anda yang tak memiliki alat canggih, tak bisa melakukan program, bahkan tak memiliki keahlian khusus untuk membuat sebuah robot, tak perlu khawatir. Buat Anda yang ingin mencoba membuat dan bermain robot, Anda bisa membuatnya dengan cara yang cukup sederhana dan tak perlu memiliki keahlian khusus.

Ya, kalau Anda hanya ingin membuat robot sebatas untuk bermain dan senang-senang, Anda bisa memanfaatkan alat, bahan, dan kemampuan Anda yang dimiliki untuk membuat robot. Kali ini, Liputan6.com, Selasa (19/3/2019) telah merangkum terkait cara membuat robot sederhana untuk pemula.

Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan cara membuat robot sederhana yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Hasilnya memang tak sebagus dengan yang sudah berpengalaman atau pro, namun robot sederhana ini dijamin tak kalah keren dan tentunya bantu mengasah kreativitas Anda. Simak ulasannya.

2 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Robot Sederhana dengan Sikat Gigi

Alat dan bahan:

- Motor DC yang kecil untuk vibrator HP

- Sikat kecil atau sikat gigi yang dipotong

- Baterai kancing, AAA, AAAA atau baterai jam tangan 1,5 V

- Blutack atau cellotape

- Gunting

- Kabel (jika motornya tidak memiliki kabel)

Cara membuat robot sederhana dengan sikat gigi:

Pertama kali, periksa motor. Kalau motor yang kamu miliki tidak memilki kabel, pasanglah kabel pada tempatnya. Biasanya berbentuk 2 plat logam kecil. Disarankan kabel tersebut disolder agar kencang, namun dapat juga ditempel dengan blutack atau cellotape.

Setelah motor mempunyai kabel, tempelkan motor disikat dengan blutack. Jangan lupa untuk memposisikan kabelnya hingga keluar.

Setelah itu tempelkan baterai pada sikat dengan memakai blutack. Atur agar kabel dapat mencapai kedua kutub pada baterai.

Hubungkan kabel motor dengan baterai

Kalau sudah menempelkan baterai pada sikat, selanjutnya pastikan kabel-kabel tadi terhubung dengan masing-maisng kutub yang tepat. Motor dan sikat tersebut akan bergetar.

Letakkan robot di lantai atau meja. Maka robot kamu sudah bisa dimainkan.

Pada robot ini, gerakannya dipengaruhi dari posisi baterai, panjang serta arah sikat, dan sebagainya. Anda bisa mengatur agar robot bisa bergerak seperti yang diinginkan. Terkadang pada bagian bulu sikat juga perlu dipotong. Anda bisa menghias robot yang dibuat agar semakin keren nan kece.

 

3 dari 3 halaman

2. Membuat Robot Sederhana

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

- Kotak kecil

- Kotak Tupperware kecil

- Batereai 9V

- Uang koin

- Hobby motor

- Lem tembak

Cara membuat robot sederhana:

Buatlah lubang kotak Tupperware menggunkan pisau. Lubang ini nantinya akan berfungsi sebagai dudukan motor.

Anda bisa membeli motor yang memiliki bagian logam yang terlihat dan dapat disambungkan dengan cara di las. Mintalah jenis motor yang dapat dilas dan dimodifikasi ketika berbelanja di toko mainan.

Selanjutnya, sambungkan satu kabel pada sisi kanan motor. Pastikan ujung logam kabel sudah terhubung dengan logam pada motor.

Sambungkan ujung kabel lainnya pada sisi kiri baterai. Pastikan kembali bahwa logam pada ujung kabel sudah menempel pada motor.

Menempelkan logam

Kemudian tempelkan logam yang sudah Anda siapkan pada batang motor dengan menggunakan lem tembak.

Las ujung kabel positif (merah) yang terhubung dengan motor pada sakelar berjenis non-momentary. Pastikan ujung logam kabel sudah terhubung dengan logam penghantar pada sakelar.

Gunakan lem untuk menempelkan motor pada lubang dudukan yang sudah dibuat tadi. Tempelkan juga pernak pernik yang ingin anda tambahkan pada robot Anda.

Gunakan kabel baru untuk menyambungkan baterai dengan robot Anda. Las ujung kabel merah pada kutub positif baterai dan kabel negatif pada kutub negatif baterai.

Sambungkan ujung kabel

Selanjutnya Anda perlu menyambungkan ujung kabel positif (merah) yang terhubung dengan baterai pada pin yang terletak pada tengah sakelar. Pastikan ujung logam sudah menyentuh logam penghantar yang terletak pada bagian tengah sakelar sebelum dilas.

Pada langkah ini diperlukan agar listrik mengalir melewati sakelar sebelum dapat digunakan oleh motor.

Sambungkan ujung kabel negatif (hitam) yang terhubung dengan baterai dengan ujung kabel negatif yang terhubung dengan motor. Dengan ini baterai akan mulai mengalirkan arus listrik ke dalam rangkaian yang Anda buat.

Hubungkan ujung positif dan negatif yang terhubung pada tempat baterai dan motor jika Anda tidak menggunakan lampu LED.

Lampu LED akan rusak jika dihubungkan secara langsung dengan baterai. Jika Anda ingin menambahkan lampu LED, gunakan resistor 350ohm pada ujung positif lampu dan hubungkan ujung positif lampu pada ujung positif baterai.

Gunakan lem tembak untuk menempelkan kotak Tupperware dengan kotak karton kecil.

Letakkan Tupperware di atas tutup yang sudah ditempelkan pada kotak karton. Anda dapat menyembunyikan baterai di dalam kotak karton dan robot. Selesai, robot Anda siap untuk dimainkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Plastik dan Bahaya yang Terkandung di Dalamnya, Kenali Sekarang
Artikel Selanjutnya
Jenis Pomade Beserta Fungsinya, Pilih yang Sesuai dengan Jenis Rambutmu