Sukses

Cara Logout Gmail di HP Android dan IOS, Cuma 5 Menit Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Gmail atau Google Mail merupakan layanan surat elektronik yang dimiliki Google. Biasanya setiap smartphone Android pasti terhubung dengan sebuah akun Gmail. Gmail adalah sebuah layanan email gratis. Dulunya, Gmail hanya tersedia melalui undangan.

Namun sekarang kamu bisa mendaftar dan membuat akun Gmail kapanpun dan di manapun. Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007.

Namun ternyata tak sedikit dari para penggunanya ingin mengeluarkan akun gmail tersebut dari smartphone mereka. Namun masalahnya masih banyak yang belum mengetahui cara untuk logout akun Gmail pada smartphone terutama bagi orang awam. Berikut cara logout Gmail di HP yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Logout Gmail di HP Melalui Aplikasi

Cara logout Gmail satu-satunya solusi untuk cara keluar dari akun Gmail di ponsel adalah dengan menghapus akun Google. Menghapus akun Google yang dimaksud bukan berarti kamu akan kehilangan email kamu, kamu hanya menghapusnya dari smartphone kamu. Dengan cara ini, seluruh data di akun Google di smartphone kamu akan hilang, mulai dari kontak, pesan, dan lain-lain.

1. Buka gmail

Cara logout Gmail yang pertama buka aplikasi Gmail di smartphone kamu, lalu tap ikon Opsi yang ada di sudut kiri atas. Setelah itu tap pada ikon segitiga yang mengarah ke bawah.

2. Pilih akun

Langkah selanjutnya cara logout Gmail adalah pilih Manage Accounts. Nantinya kamu akan memilih akun mana yang mau kamu keluarkan (jika memiliki lebih dari satu akun). Setelah itu, pilih Delete Account untuk menghapus akun Google-mu.

3. Hapus akun

Setelah itu akan muncul pop-up konfirmasi, jika setuju langsung saja tap Remove Account. Dengan melakukan cara logout Gmail ini, semua data seperti kontak serta semua aplikasi yang login menggunakan akun ini akan hilang, termasuk Play Store.

3 dari 5 halaman

Cara Logout Gmail di HP Melalui Browser

Cara logout Gmail selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan Gmail via aplikasi browser. Untuk menjaga keamanan akun jika sewaktu-waktu HP kamu dipinjam, kamu pastinya jangan sampai lupa untuk logout.

1. Tap nama akun gmail

Pada halaman utama Gmail, tap ikon opsi yang terletak di sudut kiri atas. Setelah itu tap nama akun Gmail kamu.

2. Pilih sign out

Cara logout Gmail selanjutnya pilih opsi Sign Out. Dengan begitu kamu akan diarahkan ke halaman awal. Yaitu posisi dimana kamu harus memasukkan sandi jika ingin masuk. Setelah sandi dimasukan otomatis Gmail kamu akan keluar.

4 dari 5 halaman

Cara Logout Gmail di iPhone & iPad (iOS)

Bagi kamu pengguna iPhone atau iPad terkadang membutuhkan aplikasi Gmail untuk bisa mengecek email. Selain itu, akun Google juga kadang digunakan untuk masuk ke aplikasi Google seperti Maps atau YouTube. Cara logout Gmail di hp iPhone atau iPad cukup mudah caranya.

1. Buka aplikasi Gmail

2. Klik opsi menu di kiri atas

3. Klik akun kamu (berbentuk foto)

4. Klik “Kelola Akun” atau “Manage Account”

5. Setelah itu klik “Edit” lalu “Hapus.”

 

Cara Logout Gmail di PC

1. Klik foto profil

Cara logout Gmail yang pertama adalah tap foto profil akun Gmail kamu. Letaknya ada di sudut kanan atas.

2. Pilih sign out

Setelah itu akan muncul pop-up, pilih saja Sign Out. Dengan begitu kamu sudah logout dari akun Gmail.

5 dari 5 halaman

Cara buat akun Gmail di komputer

Setelah mendaftar Gmail, kamu dapat menggunakan nama pengguna dan sandi untuk login ke Gmail dan produk Google lainnya seperti YouTube, Google Play, dan Google Drive.

1. Cara buat akun Gmail masukkan alamat www.gmail.com pada web browser kamu.

2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Cara buat akun Gmail selanjutnya isi data diri kamu dengan lengkap.

4. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.

5. Cara buat akun Gmail yang perlu diperhatikan, jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

6. Cara buat akun Gmail, membuat password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

7. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

8. Cara buat akun Gmail terakhir, klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree

9. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Penyakit Pneumonia dan Gejalanya, Berikut Cara Pengobatannya
Artikel Selanjutnya
Ini Manfaat Jus Tomat untuk Diet, Turunkan Berat Badan Secara Alami