Sukses

Main IG, Ini Unggahan Pertama Ratu Elizabeth II

Perempuan 92 tahun itu mengunggah foto surat yang dibuat Charles Babbage untuk kakek buyutnya Pangeran Albert pada 1843.

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II belum lama ini mengejutkan warganet. Beberapa hari yang lalu, wanita paling dihormati di Inggris tersebut untuk pertama kalinya mengunggah foto ke Instagram.

Perempuan 92 tahun itu mengunggah foto surat yang dibuat Charles Babbage untuk kakek buyutnya Pangeran Albert pada 1843.

"Hari ini aku berkunjung ke Museum Science untuk membuka surat dari Arsip Kerajaan milikku, kakek buyutku Pangeran Albert pada 1843," kata Elizabeth II di Instagram, @royalfamily, sebagaimana dikutip Dream pada Senin (11/3/2019).

Elizabeth II mengatakan, Charles Babbage merupakan salah seorang pioner komputer yang dikenal menggagas konsep 'mesin pembeda'.

 
 
 
View this post on Instagram

Today, as I visit the Science Museum I was interested to discover a letter from the Royal Archives, written in 1843 to my great-great-grandfather Prince Albert.  Charles Babbage, credited as the world’s first computer pioneer, designed the “Difference Engine”, of which Prince Albert had the opportunity to see a prototype in July 1843.  In the letter, Babbage told Queen Victoria and Prince Albert about his invention the “Analytical Engine” upon which the first computer programmes were created by Ada Lovelace, a daughter of Lord Byron.  Today, I had the pleasure of learning about children’s computer coding initiatives and it seems fitting to me that I publish this Instagram post, at the Science Museum which has long championed technology, innovation and inspired the next generation of inventors. Elizabeth R. PHOTOS: Supplied by the Royal Archives © Royal Collection Trust / Her Majesty Queen Elizabeth II 2019

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily) on

"Albert punya kesempatan menyaksikan purwarupa desain itu pada Juli 1843," ujar dia.

 
 
 
View this post on Instagram

📽 Watch the moment Her Majesty The Queen posted on @theroyalfamily Instagram for the very first time.

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily) on

"Dalam surat itu, Babbage mengatakan ke Ratu Victoria dan Pangeran Albert mengenai penemuan 'mesin analitik' program komputer pertama yang diciptakan Ada Lovelace, anak Lord Byron," tambahnya.

Elizabeth II berbahagia karena selain dapat mengakses surat tersebut di Museum Science, dia juga dapat belajar pengodean program internet untuk anak-anak.

Program inisiatif Museum Science itu dia sebut sebagai inspirasi dan inovasi bagi perkembangan generasi mendatang.

"Aku bahagia bisa belajar itu dan mengunggah foto di Instagram untuk kali pertama," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senyum Diana Tak Pernah Hilang

Ratu Elizabeth juga menyebut dua cucu lelakinya, William dan Harry sebagai sosok yang berani.

"Emosi kami masih bercampur aduk, namun kita semua telah melalui pengalaman buruk itu," kata dia.

Seperti diketahui publik, pasca bungkam di kastil, Ratu Elizabeth II akhirnya buka suara saat upacara pemakaman Putri Diana di Westminster Abbey.

"Diana merupakan sosok yang luar biasa dan berbakat," kata Ratu Elizabeth II.

"Dalam kondisi apapun, dia tak pernah kehilangan senyum dan tawanya, untuk menginspirasi yang lain dengan keakraban dan kebaikannya," ujar dia.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.