Sukses

Ini Cara Mudah Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Caranya simpel kok.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna aplikasi chatting WhatsApp pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur menghapus pesan. Fitur unsend untuk menghapus pesan yang salah kirim ini bisa ditujukan untuk dua pihak. Untuk kamu sebagai pengirim, dan untuk penerima. 

Namun kemampuan fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang baru terkirim saja. Kamu memiliki batas waktu untuk menghapus pesan agar tak terlihat oleh penerima, paling lama hingga 7 menit.

Kalau sudah melewati batas waktu tersebut, kamu sudah tidak bisa menghapus pesan lagi. Bisa, namun hanya menghilangkan untuk pengirim saja, sedangkan penerima tetap bisa melihat pesan kamu.

Nah, namun ada beberapa orang yang ternyata ingin menghapus pesannya ke penerima tetapi sudah melewati batas waktu. Apakah ada caranya?

Kali ini Liputan6.com, Kamis (21/2/2019) telah merangkum langkah-langkah untuk menghapus pesan di WhatsApp yang sudah lama dirangkum dari Metro, begini caranya.

Perlu diketahui, cara ini hanya berlaku untuk penggunaan WhatsApp di smartphone saja, ya. Tidak bisa digunakan untuk WhatsApp Web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Matikan Koneksi Internet Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mematikan koneksi internet di smartphone, baik itu jaringan paket data atau Wi-Fi. Matikan juga WhatsApp dengan menutup jendela aplikasinya.

Beralih ke menu Setting pada smartphone dan ubah tanggal menjadi sebelum hari pengiriman pesan (yang ingin dihapus). Misalnya saja, ubah menjadi tanggal kemarin. Kemudian buka kembali aplikasi WhatsApp dan cari pesan yang ingin kamu hapus.

Cukup lakukan penghapusan pesan seperti biasa, yaitu dengan menyentuh dan menahan pesan yang ingin dihapus, lalu pilih ikon tong sampah.

Nah, di sini WhatsApp akan kembali menampilkan opsi Delete For Everyone yang tadinya sudah menghilang apabila pesan sudah lewat dari 7 menit.

Kalau sudah, kembalikan Setting tanggal smartphone ke waktu yang sebenarnya. Juga nyalakan kembali koneksi internet mu.

3 dari 3 halaman

Pesan Lama di WhatsApp Sudah Terhapus

Saat smartphone sudah kembali ke tanggal yang sebenarnya dan sudah tersambung ke internet, pesan WhatsApp yang dihapus dengan langkah ini akan terhapus.

Pada pesan yang sudah dihapus, WhatsApp akan menampilkan tulisan You Deleted This Message. Hal ini membuat lawan bicara yang kamu kirimi pesan baik personal chat atau grup, akan tetap mengetahui bahwa kamu telah menghapus pesan tersebut.

Ya, walaupun penerapan langkah hapus pesan ini hanya bisa dilakukan di smartphone saja, namun pesan akan tetap terhapus saat pengguna membuka chatting lewat WhatsApp Web. Perlu diketahui juga, langkah hapus pesan ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim hingga dua hari lalu saja, dari tanggal saat ini. Lebih dari itu, sudah tidak bisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.