Sukses

Simak, Tips Jitu Menghemat Memori Internal Smartphone Kamu

Sebelum buru-buru beli smartphone baru dengan memori lebih besar, cari tahu dulu cara menghemat memori internal yuk!

Liputan6.com, Jakarta Beragam aplikasi menarik kerap membuat pengguna smartphone tergoda untuk mengunduhnya. Gim, media sosial, m-banking, video on-demand, dan aplikasi menarik lainnya sering kali terasa sayang untuk dilewatkan.

Memiliki banyak aplikasi memang menyenangkan, tetapi juga bisa membuat frustasi. Terutama kalau memori sudah penuh dan smartphone terasa 'lemot'. Rasanya ingin cepat-cepat ganti smartphone dengan kapasitas memori internal yang lebih besar.

Eits.. tunggu dulu. Sebelum mengeluarkan uang banyak untuk membeli smartphone baru, ada baiknya kamu coba menghemat penggunaan memori internal ponselmu terlebih dahulu. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan kok untuk menghemat penggunaan memori internal. Apa saja?

1. Membersihkan cache

Cache berfungsi untuk menyimpan pengaturan, history, username, dan password suatu aplikasi atau browser. Walaupun tidak terlalu besar, tetapi cache tetap memakai jatah memori internal. Jadi, membersihkan cache juga dapat membuat kapasitas memori internal cukup lega.

2. Memindahkan aplikasi ke memori eksternal

Selain memori internal, sebuah smartphone biasanya juga dilengkapi dengan memori eksternal. Biasanya, memori eksternal memiliki kapasitas yang lebih besar daripada memori internal. Dengan begitu, memori ini dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan file.

3. Tidak menyimpan banyak aplikasi dengan fungsi yang sama

Sering kali pengguna smartphone menyimpan beberapa aplikasi yang memiliki fungsi sama. Akibatnya, ada aplikasi yang terbengkalai dan hanya memenuhi memori. Karena itu, sebaiknya simpan satu aplikasi saja dan hapus aplikasi yang tidak dipakai. Misalnya, hapus aplikasi HOOQ dan simpan aplikasi Grab saja.

Yup, kini Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen “Video” yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

"Ini momen yang historis banget karena untuk pertama kalinya digital platform level Asia Tenggara kerja sama dengan content video platform level Asia Tenggara juga. Lalu, yang paling penting (layanan) ini pertama kali diluncurkan di Indonesia, sehingga ini adalah hal yang spesial karena kita memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar President of Grab Indonesia, Ridzky Kramadibrata.

Jika ingin menggunakan layanan ini, kamu yang sudah menjadi member Grab Premium, tinggal pilih menu Video di laman depan aplikasi Grab dan berbagai konten populer HOOQ dengan berbagai genre pun siap kamu saksikan. Setelah memilih film yang ingin kamu tonton langsung klik Nonton Sekarang untuk memulai film.

Contoh film yang dapat ditonton antara lain Ayat-ayat Cinta 2, Yowis Ben, Danur 2, Dear Nathan, dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Sementara itu, serial yang bisa dinikmati ada Cek Toko Sebelah The Series, Brata, dan Keluarga Badak. Asyiknya lagi, pengguna juga dapat menonton serial TV terbaru yang tayang pada hari sama dengan penayangan di Amerika Serikat, seperti Supergirl dan The Flash.

"Banyak juga tayangan berkualitas dari Korea, India, dan Thailand. Kolaborasi ini menjadi jawaban bagi pengguna yang tidak ingin menyimpan aplikasi banyak-banyak. Cukup lewat satu aplikasi, Anda sudah bisa memesan jasa transportasi sambil menikmati video on-demand," ucap Country Head HOOQ Indonesia, Guntur Siboro.

Nah, asyik banget kan? Yuk, saksikan tayangan HOOQ di aplikasi Grab dan hemat memori internal smartphone kamu!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.