Sukses

WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Tolak Gabung ke Undangan Grup

Fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk menolak bergabung dalam ke grup obrolan WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa kesal karena diundang ke dalam grup obrolan WhatsApp yang anggotanya tidak kamu kenal atau hanya berisi informasi undangan acara?

Meski kesal, kamu tak bisa menolak undangan ke dalam grup WhatsApp tersebut karena WhatsApp belum memiliki opsi untuk hal ini.

Namun, baru-baru ini, aplikasi pesan milik Facebook tengah menguji coba sebuah fitur.

Mengutip laman 9to5Google, Kamis (14/2/2019), fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk menolak bergabung dalam ke grup obrolan WhatsApp.

Sebenarnya, fitur ini memberikan kontrol privasi ke pengguna, bagi siapa pun dan kapan akun nomor lain bisa menambahkan kamu ke dalam grup obrolan.

Sekadar informasi, uji coba fitur ini baru tersedia untuk mereka yang ada di dalam program beta iOS. Namun demikian, fitur ini akan diluncurkan untuk perangkat Android.

Kini, fitur tolak gabung ke grup ini tengah dikembangkan, jadi memang belum bisa dipakai oleh pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Fitur Ini Bekerja?

Menurut hasil tangkapan layar yang dipublikasikan, pengguna WhatsApp akan mendapatkan sejumlah kontrol terkait dengan siapa saja yang bisa mengundang mereka ke dalam grup.

Pengguna juga akan mendapatkan pengaturan privasi untuk tiap jenis obrolan atau pesan.

Dalam tangkapan layar, nantinya ada opsi di Setting terkait dengan "Siapa yang bisa menambahkan saya ke grup", kemudian pengguna akan diberi pilihan "Everyone", "My Contacts", atau "Nobody".

Opsi ini akan berada di menu Setting Privacy yang sebelumnya hanya mengatur "Last Seen" atau waktu terakhir terlihat, "Profile Photo", "About", dan "Status".

Nantinya jika fitur ini sudah resmi hadir, opsi "Groups" ditambahkan ke dalam menu Privacy.

Fitur baru di WhatsApp sedang diuji coba (Foto: 9to5Google)

3 dari 3 halaman

Apa Artinya?

Sekadar informasi, jika kamu mengatur agar "Everyone" bisa menambahkan kamu ke grup, artinya semua orang baik itu dari nomor yang kamu kenal ataupun tidak, bisa menambahkan ke dalam grup obrolan.

Sementara jika memilih opsi "My Contacts", artinya kamu hanya bisa ditambahkan ke grup oleh orang-orang yang namanya ada di dalam daftar kontak kamu.

Dengan demikian, jika memilih opsi "My Contacts", secara otomatis kamu tidak akan bisa bergabung dalam grup yang diundang oleh kontak-kontak di luar dari daftar kontak.

Kemudian, jika memilih opsi "Nobody", siapapun tidak bisa menambahkan kamu ke dalam grup, entah itu kontak kamu atau nomor asing. Opsi ini memiliki level privasi yang paling tinggi dibandingkan dua opsi sebelumnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.