Sukses

Pasar Swalayan Ini Pekerjakan Robot Lucu untuk Bantu Karyawan

Marty bertugas melaporkan barang yang tercecer ke pelanggan dan karyawan. Rencananya, robot tersebut akan bertugas memantau seluruh lorong supermarket.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar swalayan di Amerika Serikat (AS), Giant Food Stores, mempekerjakan robot sebagai karyawan. Robot lucu bermata besar ini bernama Marty.

Marty bertugas melaporkan barang yang tercecer ke pelanggan dan karyawan. Rencananya, robot tersebut akan bertugas memantau seluruh lorong supermarket.

Marty telah melewati proses uji coba di dua Giant Food Stores yang berada di Pennsylvania tahun lalu.

"Membawa robot dan kecerdasan buatan dari laboratorium penelitian ke lantai penjualan merupakan perjalanan yang sangat mengasyikkan, dan kami sangat senang dengan respons pelanggan toko kami," kata Presiden Giant Food Stores, Nicholas Bertram, dikutip dari CNET, Rabu (16/1/2019).

Dilaporkan PennLive, Marty dilengkapi dengan pemindai untuk mencegahnya bertabrakan dengan benda atau orang di sekitarnya. Robot ini bertenaga baterai isi ulang dan memiliki beberapa kamera internal.

Selain memindai barang yang tercecer di lantai, robot itu memberi banyak waktu pada karyawan toko untuk berinteraksi dengan pelanggan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia

Juru bicara Giant Food Store, Christopher Brand mengatakan, Marty tidak akan menggantikan pekerja manusia. 

Giant Food Stores bukan satu-satunya perusahaan yang menambahkan robot ke tenaga kerjanya.

Bulan lalu, Walmart mengatakan akan menempatkan robot pembersih lantai di tokonya di seluruh negeri sejak akhir Januari 2019.

Pada Oktober 2018, raksasa ritel itu juga mengatakan sedang menguji penggunaan robot untuk menangani tugas pemindai rak dan memastikan harga yang ditampilkan telah sesuai.

Giant Food Stores akan meluncurkan Marty "secara bertahap selama beberapa bulan mendatang," dan mereka berharap semua robot sudah siap pada pertengahan 2019.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.