Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi4i, Spek Tinggi Harga Rendah

Liputan6.com, Jakarta Nama Xiaomi tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone di Indonesia. Vendor asal China ini dikenal dengan perangkat smartphonenya yang memiliki spesifikasi tinggi namun hadir dengan harga murah. Salah satunya adalah Xiaomi Mi4i yang resmi dirilis dipasaran pada pertengahan tahun 2015 lalu dengan menyasar kelas menengah.

Kelebihan Xiaomi Mi4i terletak pada performanya yang cukup gahar. Tak heran, hingga saat ini ponsel ini masih menjadi buruan para pengguna gagdet.

Kendati demikian, kekurangan Xiaomi Mi4i juga masih dapat ditemukan. Salah satunya adalah tidak adanya ruang untuk microSD. Ini cukup menganggu ketika pengguna ingin menambah ruang untuk menyimpan foto, video atau aplikasi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (03/02/2019) kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi4i. Daftar kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi4i ini wajib Anda simak jika ingin memboyong ponsel ini.

2 dari 6 halaman

Desain dan tampilan

Kelebihan Xiaomi Mi4i datang dengan layar 5,0 inci yang cukup jernih dilihat karena beresolusi full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixel sampai 441 ppi. Layarnya menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen dan sudah dilindungi dengan Corning scratch resistant glass atau kaca layar dengan Corning OGS fully Laminated. Teknologi terbaru pelindung LCD ini sama seperti pada Gorilla Glass. Menariknya lagi Layar Xiaomi Mi4i mendukung multi touch hingga 10 titik sentuhan.

Salah satu fitur menarik dari layar tersebut adalah Sunlight Display. Dengan fitur tersebut Anda tetap dapat melihat layarnya dengan jelas meskipun berada di bawah cahaya matahari yang cukup terang. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menyesuaikan kecerahan layarnya secara manual.

Smartphone ini memiliki body 138.1 x 69.6 x 7.8 mm membuatnya lebih tipis dan ramping serta pas di genggaman tangan. Bukan saja hadir dengan desain yang tipis, kelebihan Xiaomi Mi4i memiliki bobot 130 gr. Kekurangan Xiaomi Mi4i dari segi desain adalah masih menggunakan material plastik sebagai bahan bodynya. Kondisi tersebut menjadikan ponsel ini tak cukup kokoh. Sementara cover belakang ponsel ini menggunakan soft touch matte finish.

3 dari 6 halaman

Dapur pacu

Dalam hal performanya, kelebihan Xiaomi Mi4i dibekali prosesor Snapdragon 615 dengan clock speed Octa-Core ( Quad -Core 1,7 GHz Cortex-A53 & Quad-Core 1.0 GHz Cortex-A53) dan GPU Adreno 405 yang menghasilkan performa tangguh. Dengan spek prosesor yang cukup gahar,ponsel ini sangat cocok bagi para gamer.

Xiaomi Mi4i menggunakan OS Android Lollipop 5.0 dan menggunakan MIUI 6.

Untuk pengujian menggunakan Antutu Benchmark, Xiaomi Mi4i mendapatkan skor 40 ribuan (40228) pada mode Performance. Untuk hasil uji maksimal sebaiknya ponsel dalam keadaan fresh (restart), tidak panas, dan pada mode Performance.

Dari sisi RAM Xiaomi Mi4i didukung dengan kapasitas RAM 2GB. Untuk masalah penyimpanan Mi4i sudah disediakan kapasitas internal memory sebesar 16GB. Dari kapasitas sebesar 16GB ini hanya menyisakan sekitar 10GB yang bisa digunakan, sisanya dipakai untuk sistem. Dari sisi penyimpanan, kekurangan Xiaomi Mi4i yaitu tidak disediakan slot external memory (Micro SD). Salah satu alternatif untuk menggantikan Micro SD ini dengan memasang eksternal flashdisk karena Mi4i sudah support USB OTG.

4 dari 6 halaman

Kamera

Kelebihan Xiaomi Mi4i sudah dibekali kamera belakang dengan fitur stacked CMOS sensor 13MP generasi kedua dari Sony dengan 5 elemen lensa, aperture f/2.0. Dengan dukungan lampu flash two tone yang mampu menghasilkan hasil jepretan foto yang lebih jelas walau dalam kondisi gelap sekalipun. Selain itu kamera pada ponsel ini juga support rekaman video hingga 1080p.

Bagi anda yang suka foto selfie, kelebihan Xiaomi Mi4i sudah dibekali dengan kamera depan 5MP dengan wide angle hingga 80 derajat dan aperture f/1.8 . Fitur yang dibenamkan di dalam kamera Xiaomi Mi4i ini diantaranya adalah touch focus, Geo-tagging, face/smile detection, HDR dan panorama.

Salah satu yang menarik dari kamera tersebut adalah adanya fitur Beautify. Fitur tersebut sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto selfie karena akan mempercantik hasil fotonya sesuai dengan usia Anda. Dengan begitu, foto yang dihasilkan akan tampak natural dan tidak terkesan dibuat-buat.

Sayangnya, kekurangan Xiaomi Mi4i dari sektor kamera adalah tidak adanya LED Flash jadi cukup menyulitkan ketika ingin mengambil gambar di area yang minim cahaya.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Konektivitas

Xiaomi Mi4i didukung dengan baterai Lithium ion dengan teknologi Polymer Cell dengan kapasitas 3120 mAh. Dengan kapasitas tersebut dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon selama 35 jam non stop. Baterai tersebut dilengkapi teknologi Quick Charge yang dapat mengisi 40% dayanya dalam waktu 1 jam dan hingga penuh dalam waktu 3 jam. Untuk menghemat penggunaan baterai tersebut Anda juga dapat memilih balanced mode dalam pengaturannya.

Sayangnya, kekurangan Xiaomi Mi4i dari segi baterai adalah menggunakan jenis non removable. Baterai tanam ini menyulitkan pengguna ketika ingin mengganti baterai nantinya.

Untuk konektivitasnya, Xiaomi Mi4i sudah mendukung jaringan 4G LTE pada kedua kartu SIM-nya. Smartphone ini juga sudah mendukung WiFi pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct, serta Wi-Fi display.

6 dari 6 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi4i

Kelebihan Xiaomi Mi4i:

Desain elegan, tipis, dan nyaman digenggam

Kamera dengan sensor Sony

Prosesor octa core 64bit

Kapasitas baterai besar

Mendukung jaringan 4G

Support USB OTG

Layar dilapisi Corning OGS sehingga tahan goresan

Harga bersahabat

 

Kekurangan Xiaomi Mi41:

Tanpa slot Micro SD

Memori internal hanya 16GB

Tidak ada LED Flash

Baterai berjenis Non Removable

Rahasia Sukses Stanley Atmadja Pimpin Mandiri Utama Finance

Tutup Video