Sukses

Trik Jitu Agar Gadget Kamu Tidak Cepat Panas

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa kita sadari, penggunaan gadget secara terus-menerus seringkali membuat suhu perangkat yang digunakan meningkat. Baik itu laptop, tablet ataupun smartphone.

Bahayanya, gadget yang kerap mengalami overheat dapat berakibat lemot dan tentunya kasus terparah yakni merusak hardware perangkat.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar gadget tidak cepat overheating.

1. Hindari kebiasaan meninggalkan gadget di dalam mobil ketika cuaca panas. Beberapa dari kamu pasti pernah meninggalkan laptop atau tablet di dalam mobil.

Karena kondisi yang kedap udara dan ditambah panas matahari, kondisi di dalam mobil pun terasa seperti sebuah oven.

2. Jangan menggunakan gadget di tempat-tempat yang langsung terpapar sinar panas matahari. Serupa dengan poin sebelumnya, ada baiknya kamu selalu menggunakan pelindung agar gadget kamu terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Saat kamu beralih dari udara panas masuk ke ruangan yang memiliki udara dingin, jangan langsung menyalakan atau menggunakan gadget.

Sebaiknya, gadget didiamkan sebentar kemudian baru dinyalahkan untuk menghindari kemungkinan gadget tidak dapat dinyalakan.

 

2 dari 2 halaman

Trik Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Ada banyak cara yang bisa dilakukan turis untuk melindungi ponsel, tablet dan laptop mereka agar tidak diretas oleh penjahat siber. (iStock)

Pasti sering merasakan yang namanya laptop panas, apa lagi bila terlalu lama digunakan tanpa dimatikan.

Biasanya, prosesor atau mesin di dalam laptop akan menjadi mudah panas yang dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot dan dapat mati mendadak.

1. Selalu ingat untuk membersihkan ventilasi pada laptop. Dengan begini, udara dapat keluar masuk dengan baik dan mencegah laptop menjadi mudah panas.

2. Sesuaikan pengaturan daya untuk menggunakan daya asupan listrik yang sesuai.

3. Gunakaan cooling pad.

4. Matikan laptop bila tidak digunakan.

5. Bila laptop sedang dicolok ke listrik dan baterai masih dalam keadaan penuh, lebih baik cabut baterai untuk menghindari laptop cepat panas.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Trio iPhone Baru Apple Usung e-SIM di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Pembeli Pertama iPhone XR di Indonesia