Sukses

Konami Rilis PES 2019 Versi Gratis

Konami akhirnya mengumkan kehadiran PES 2019 versi gratis untuk PS4, PS, dan Xbox One.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar baik bagi kamu penggila gim sepakbola Pro Evolution Soccer atau kerap disebut PES. Alasannya, Konami baru saja mengumumkan telah merilis versi gratis dari gim PES 2019.

Dikutip dari Engadget, Minggu (16/12/2018), versi gratis ini berjudul PES 2019 Lite.

Gim tersebut akan tersedia untuk platform PS4, Xbox One, dan PC. Meski gratis, Konami tetap menyertakan opsi in-game purchase.

Adapun fokus dalam versi Lite ini adalah modus MyClub. Melalui modus ini, pemain dapat membentuk sebuah tim yang terdiri dari pemain kenamaan saat ini maupun legenda.

Beberapa pemain legenda yang dipastikan akan meramaikan gim ini adalah Diego Maradona, David Beckham, Gabriel Batistuta, Ronaldinho, Alvaro Recoba, Esteban Cambiasso, hingga Youri Djorakeff.

Selain MyClub, Konami juga memungkinkan pemain melakoni pertandingan offline dan melakukan serangkaian latihan. Sebagai tambahan, ada pula modus PES League yang menyajikan pertandingan 3v3 co-op dan turnamen terbatas.

Sekadar informasi, rilisnya varian gratis dari PES memang sudah dilakukan Konami sejak beberapa tahun terakhir. Hadirnya varian ini tidak lepas dari upaya Konami untuk tetap menjaga popularitas PES.

Seperti diketahui, popularitas gim ini dilaporkan merosot tajam dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan Inggris Chart-Track bahkan menyebut penjualan PES 2019 turun 42 persen dibandingkan pendahulunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PES Tak Lagi Pegang Lisensi Liga Champions untuk Musim Depan

Penurunan itu disebut-sebut juga menjadi imbas Konami yang telah melaporkan tidak lagi memegang lisensi eksklusif Liga Champions UEFA.

Kerja sama selama 10 tahun ini akan secara resmi berakhir bersamaan dengan rampungnya Liga Champions 2018 pada Mei 2018 di Kiev, Ukraina.

Dengan berakhirnya kerja sama ini, Konami dipastikan tidak lagi menghadirkan modus Liga Champions di dalam gim PES 2019 yang rilis September 2018.

3 dari 3 halaman

Bakal Kalah dari FIFA?

Berhubung EA memiliki hak cipta hampir semua pesepak bola di seluruh dunia, PES menghadirkan sejumlah nama pemain dan klub tak resmi, seperti Manchester Red (untuk Manchester United) dan lainnya.

Meski begitu, beberapa tahun belakang ini Konami berhasil membuat kesepakatan khusus dengan beberapa pesepak bola di berbagai tim besar di dunia, seperti FC Barcelona, Liverpool, dan lainnya.

"Lisensi Liga Champions telah memberi kami platform untuk menciptakan pengalaman unik dan menyediakan sesuatu yang menarik untuk penggemar sepak bola di dunia," ungkap direktur pengembangan merek dan bisnis Konami, Jonas Lygaard.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.