Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F1s Selfie Expert

Liputan6.com, Jakarta Oppo, siapa sih yang nggak kenal sama merek smartphone satu ini? Smartphone asal China ini sangat terkenal di Indonesia dengan fitur unggulannya dalam hal kamera selfie. Dengan mengusung slogan 'Selfie Expert' Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi taglinenya. 

Salah satu seri yang menjadi dambaan para penggila Selfie adalah Oppo F1s. Oppo F1s dirilis pada Agustus 2016 lalu. Tak seperti ponsel lain yang seakan lebih mengutamakan kamera belakang, kelebihan Oppo F1s justru bertumbu pada kamera depan.

Kelebihan Oppo F1s menawarkan banyak keunggulan, maka wajar saja jika smartphone ini menjadi salah satu smartphone terlaris Oppo ditahun 2016 lalu. Selain menyuguhkan keindahan melalui bentuk fisiknya yang terlihat sangat mewah dengan body berbalut metal, Oppo F1s juga hadir dengan sederet spesifikasi mumpuni dikelasnya.

Meskipun menyuguhkan berbagai macam kelebihan Oppo F1s, namun bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo F1s yang wajib anda ketahui jika ingin membeli ponsel ini. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kelebihan dan kekurangan Oppo F1s.

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo F1s pada sektor desain dan tampilan

Kelebihan Oppo F1s menggunakan material aluminium untuk bagian back cover dan material kaca untuk bagian depannya. Bezel dari hp ini juga cukup tipis, dengan bentang layar 5,5. Resolusi layar yang hanya sebatas HD 720 x 1280 merupakan kekurangan Oppo F1s karana dirasa masih terlalu kecil untuk ukuran layar lebar 5,5 inci.

Untuk tipe layarnya sendiri IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Untuk proteksi layar, kelebihan Oppo F1s ini sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 4 sehingga aman dari goresan.

Sementara kekurangan Oppo F1s pada sektor ini adalah tidak menggunakan layar bertipe Amoled. Padahal Oppo F1 Plus sudah menggunakannya. Kekurangan Oppo F1s karena menggunakan layar IPS LCD sangat menggangu ketika dibawa ke luar ruangan alias backlight.

Ponsel ini memiliki dimensi 154.5 x 76 x 7.4 mm dan bobot 160 gram. Kelebihan Oppo F1s dengan desain layar lengkung 2.5D dan material aluminium pada bagian belakang sehingga nyaman saat digenggam.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo F1s dari segi performa

Oppo F1s ditenagai prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5GHz. Untuk kapasitas RAM dan memori internal, ponsel ini tersedia dalam 2 pilihan. Yakni Oppo F1s standard dengan RAM 3GB dan Internal Storage 32GB, serta Oppo F1s Spesial Edition dengan 4GB RAM dan 64GB Internal Storage. Menariknya lagi, ponsel ini masih dilengkapi dengan dengan slot microSD yang bisa diekspansi hingga 256GB. 

Selain itu kelebihan Oppo F1s juga memiliki kemampuan gaming tinggi berkat dukungan GPU Mali-T860MP2 sebagai pengolah grafisnya. Untuk sistem operasi, Oppo F1s ini menggunakan OS Android Lollipop berbalut ColorOS 3.0.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo F1s dari sektor fotografi

Kelebihan Oppo F1s bisa ditemui pada kamera depan yang mengusung resolusi 16 MP. Kala dirilis, F1s menjadi smartphone dengan resolusi kamera depan tertinggi di pasaran saat itu bersama dengan F1 Plus.

Kamera Oppo F1s memiliki bukaan F/2.0 yang bisa dibilang memadai untuk menangkap cahaya. Adik bungsu dari F1 dan F1 Plus ini diklaim mampu diandalkan pada kondisi cahaya minim atau backlight.

Fitur beautification 4.0 pun tak ketinggalan pada ponsel selfie expert ini. Dengan kelebihan Oppo F1s ini, pengguna bisa mengatur kadar kecantikan yang ingin tertera pada foto, mulai dari tone kulit, tingkat kemulusan, dan unsur-unsur lain yang tersedia pada opsi penyetelan. Dengan begitu, pengguna tak perlu takut hasil beautification akan tampak palsu dan benar-benar berbeda dengan kondisi wajah asli. 

Ada juga screen flash yang bisa diandalkan ketika berada di ruang gelap. Menariknya, kelebihan Oppo F1s pada screen flash akan mengkakulasi cahaya sehingga foto tak akan terlihat terlalu terang.

Sensor kamera belakangnya sendiri hanya 13 megapiksel. Meski demikian, Oppo mengklaim kualitas kamera 13 megapiksel miliknya tak kalah hebat dengan kamera selfie 16 megapiksel. Pasalnya, kamera belakang dilengkapi dengan sistem PDAF yang memungkinkan hasil foto mencapai resolusi 50 megapiksel. Format foto pun bisa dibuat menjadi RAW sehingga pengguna dapat mengeditnya lebih lanjut tanpa khawatir kualitas foto pecah.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo F1s dari sektor baterai

Sementara sumber tenaganya dipercayakan pada baterai berkapasitas 3075 mAh. Baterainya mampu memberikan daya kurang lebih 14 jam dalam pemakaian normal. Ponsel ini menggunakan baterai bertipe Non-Removable. Posisi baterai yang menyatu dengan body cukup menyulitkan ketika akan membukanya. 

Kekurangan Oppo F1s dari sektor ini adalah belum adanya fitur fast charging, sehingga pengisian membutuhkan waktu yang cukup lama.

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo F1s dari segi fitur pendukung

Soal keamanan, kelebihan Oppo F1s memercayakan fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner dengan proses pengenalan 0,2 detik. Pada F1s, Oppo membenamkan sensor pemindai sidik jari dengan ketebalan hanya 0,1 milimeter, dan didukung teknologi bernama Flash Touch Access. Berkat teknologi tersebut, sensor sidik jari dapat bekerja lebih cepat dan akurat. Oppo juga mengembangkan self-learning technology pada sensor sidik jari yang membuatnya semakin akurat ketika sering digunakan.

Uniknya, kamu bisa menanamkan shortcut untuk mengakses berbagai aplikasi secara cepat melalui sensor sidik jari dari kondisi layar terkunci. Total ada 5 perintah yang bisa didaftarkan. Misalnya, sidik jari telunjuk untuk langsung melakukan panggilan dari kontak, sidik jari jempol kanan untuk langsung membuka kamera, dan seterusnya.

Selain itu kekurangan Oppo F1s juga tidak dilengkapi dengan sensor Gyroscope yang merupakan syarat utama untuk memainkan Game berbasis VR.

7 dari 7 halaman

Rangkuman kelebihan dan kekurangan Oppo F1s

Kelebihan Oppo F1s:

- Desain mewah dengan bahan full metal yang membuatnya terlihat elegan

- Layar lebar 5.5″ IPS LCD menjadikan tampilan menjadi luas dan lega

- Didukung dengan Gorilla Glass 4 untuk memproteksi layarnya

- Performa tangguh berbekal prosessor Octacore dan 3 GB RAM

- Penyimpanan memori internal yang luas dengan kapasitas 32 GB

- Kamera utama 13 MP lengkap Dual-LED Flash dan Phase Detection Autofocus

- Kamera depan berresolusi 16MP dan fitur selfie yang sangat lengkap

- Baterai sangat mumpuni dengan kapasitas 3075 mAh

- Didukung dengan fitur Fingerprint Sensor sebagai keamanannya 

Kekurangan Oppo F1s:

- Resolusi layar rendah hanya sebatas HD

- Layar belum menggunakan AMOLED

- Tak ada Radio FM sebagai pelengkap multimedia

- Baterai Non Removable susah saat akan membukanya

- Tak dilengkapi dengan Fast Charging

Simulasi Pemilu, Ini Harapan Kaum Difabel

Tutup Video