Sukses

Harga Samsung Galaxy A5 2016 Second dan Baru, Smartphone Kelas Menengah Desain Mewah

Liputan6.com, Jakarta Siapa saat ini yang nggak tahu Samsung? Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan smartphone yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penjualan hp Samsung terus meroket dari waktu ke waktu, sehingga mampu mengukuhkan eksistensinya di dunia komunikasi. Apapun serinya, smartphone keluaran Samsung selalu laris manis di pasaran. Menariknya, Samsung tak hanya memproduksi smartphone premium seperti Galaxy S series, tapi juga merambah kelas menengah. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga memproduksi smartphone papan tengah yang punya spesifikasi andal serta harga terjangkau.

Salah satu dari lini papan tengah dari smartphone Samsung adalah Galaxy A5 2016. Samsung Galaxy A5 2016 lahir sebagai generasi kedua dari Samsung A. Samsung A5 2016 merupakan salah satu dari Galaxy series masuk dalam “The Next Gen A” mulai dipasarkan pada Februari 2016 di Indonesia.

Perangkat ini dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru sesuai tren di 2016. Selain itu harga Samsung A5 2016 ini terbilang bersahabat di kantong. Yup, menyasar kelas menengah harga Samsung A5 2016 rupanya dibanderol di angka yang tidak terlalu tinggi.

Sebelum menengok harga Samsung A5 2016, yuk cek spesifikasi unggulan ponsel ini lewat ulasan Liputan6.com yang dirangkum Minggu (11/11/2018) dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 6 halaman

Desain

Di balik harga Samsung A5 2016 yang menyasar kalangan menengah, Samsung Galaxy A5 2016 hadir dengan garis desain serupa Galaxy S6 namun dengan sudut lebih membulat dan garis lebih tegas. Samsung Galaxy A5 2016 juga hadir dengan bingkai metal dan dukungan teknologi Gorilla Glass 4 pada kaca 2.5D di bagian depan dan belakang. Uniknya, meski berbahan kaca, bodi perangkat ini tergolong tidak mudah kotor akibat noda sidik jari.

Bergaris desain serupa, Samsung Galaxy A5 2016 tampil dengan ketebalan dan bobot lebih tebal dan berat dibandingkan Galaxy S6. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kenyamanan saat menggenggam, menyimpan ponsel di dalam saku, ataupun menggunakannya dengan satu tangan. Untuk dimensinya, Samsung Galaxy A5 2016 memiliki bodi berukuran 144.8 x 71 x 7.3 mm dengan bobot seberat 155 gram. Smartphone ini hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1080p. Menariknya lagi, layar terlihat semakin luas karena ukuran bezel yang dirampingkan menjadi lebih tipis.

Kesan elegan juga dapat ditemukan pada tombol fisik Home yang dapat ditemukan di bagian depan perangkat, diapit oleh tombol sentuh kapastif. Tombol yang juga berfungsi sebagai wadah sensor pemindai sidik jari ini dibingkai oleh bahan metal tipis, serupa perangkat sebelumnya.

Pengguna dapat menemukan port micro USB 2.0, speaker dan jack audio 3,5mm di sisi bawah perangkat, yang diapit oleh garis serupa garis anntena. Garis yang sama juga dapat ditemukan di sisi atas perangkat.

Samsung menyematkan slot kartu SIM kedua di bagian kiri atas perangkat. Sementara slot kartu SIM pertama ditempatkan berdampingan dengan slot kartu MicroSD, bersebelahan dengan tombol daya. Tombol daya hadir dalam balutan bahan metal, serupa dengan tombol volume yang terletak di seberangnya.

Selain modelnya yang elegan, Samsung A5 2016 hadir memanjakan pecinta gadget dengan desain warna kekinian, yakni Putih, Hitam, Gold, Pink Gold.

3 dari 6 halaman

Dapur pacu

Meski harga Samsung A5 2016 terbilang terjangkau, Samsung tak setengah-setengah dalam mepersenjatai spesifikasi Galaxy A5 2016. Didukung prosesor Samsung Exynos 7580 @1.60GHz dengan delapan inti ARM Cortex-A53, performa yang disuguhkan Samsung Galaxy A5 2016 tergolong cukup tangguh. Grafis Samsung Galaxy A5 2016 ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T720 MP2. Apalagi dipadukan dengan RAM sebesar 2GB untuk performa yang lebih baik. Sementara untuk ruang penyimpanannya telah disediakan memori internal berkapasitas 16 GB. Bila dirasa masih kurang lega juga tersedia slot untuk microSD hingga berkapasitas 128 GB.

Samsung Galaxy A5 2016 hadir dengan dukungan sistem operasi 5.1.1 Lollipop dan sentuhan sistem TouchWiz. Ponsel cerdas ini hadir dengan bekal fitur pemindai sidik jari yang dapat digunakan sebagai kunci alternatif untuk layar.

4 dari 6 halaman

Kamera

Mengusung resolusi 13MP serta lensa berukuran 28 mm yang diperkuat fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan aperture F/1.9, kamera belakang Samsung Galaxy A5 2016 mampu menghadirkan hasil foto yang memuaskan. Samsung juga membekali ponsel cerdas ini dengan berbagai mode menarik, seperti Panorama, HDR dan Night. Mode Night ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang lebih terang pada kondisi pencahayaan redup. Sementara kamera depannya mengusung resolusi 5 MP dengan aperture F/1.9 serta lensa berukuran lebih kecil yakni 24 mm. Kamera tersebut dapat merekam video beresolusi 1080@30fps. Teknologi kamera di ponsel ini tentu sesuai dengan harga Samsung A5 2016 yang bersahabat.

Serupa dengan kamera pada ponsel cerdas pada umumnya, Samsung juga membekali Galaxy A5 2016 dengan mode Beautify.

5 dari 6 halaman

Baterai

Pada sektor daya, Samsung Galaxy A5 2016 dibekali baterai berkapasitas 2900 mAh dengan tipe non-removable. Baterai ini mampu bertahan selama lebih dari 9 jam pada kondisi penggunaan aktif, dan selama lebih dari 11 jam pada kondisi penggunaan standar. Seperti perangkat lainnya, Samsung juga membekali A5 ini dengan kemampuan hemat daya serta fitur fast charging yang akan memangkas waktu pada saat pengisian baterai.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung A5 2016

Dengan menghadirkan beberapa peningkatan pada sisi spesifikasi, harga Samsung A5 2016 ditawarkan sedikit lebih mahal dari versi yang lama. Harga Samsung A5 2016 bekas saat ini berkisar di angka Rp 1,3 - Rp 1,7 jutaan. Namun jika kamu menginginkan produk yang baru bisa merogoh kocek lebih dalam, harga Samsung A5 2016 baru di pasaran saat ini berkisar Rp 2,5 jutaan - 3 jutaan. Harga Samsung A5 2016 tersebut tentu bisa berbeda tiap daerah dan tergantung kondisi ponselnya juga.

Artikel Selanjutnya
Tambah Investasi di 2019, Samsung Bakal Lihat Perkembangan Politik
Artikel Selanjutnya
Samsung Ungkap Desain Layar dengan Notch