Sukses

Jepang Mulai Pekerjakan Robot Pemandu Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Aneh rasanya jika mendengar ada robot pemandu wisata. Apalagi di Indonesia, pekerjaan ini nyatanya masih dilakukan oleh manusia.

Namun di negeri lain, layanan memandu wisatawan dari robot ternyata sudah mulai diadopsi. Salah satunya di Negeri Matahari Terbit, Jepang. 

Seperti dikutip dari Japan Times, mulai 22 September 2018 sampai 31 Maret 2019, dua perusahaan di Jepang dan agensi travel sepakat untuk menyediakan robot yang dapat mendampingi wisatawan selama bepergian.

RoBoHon, demikian nama robot tersebut, yang diklaim Jepang bakal memudahkan perjalanan wisatawan, terutama solo traveler saat jalan-jalan di Jepang.

Robot canggih RoBoHon ini memiliki tinggi sekitar 19,5 sentimeter dengan berat 390 gram.

Selain dilengkapi GPS, robot bisa memberikan informasi yang dibutuhkan wisatawan, terkait lokasi yang menjadi tujuan wisatawan. Tapi untuk sementara, bahasa yang keluar dari RoBoHon masih terbatas, hanya tiga bahasa saja, yakni Jepang, Tionghoa dan Inggris.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Kamera

Bagi yang senang selfie, robot ini juga siap memberikan layanan maksimal, karena dilengkapi dengan kamera super canggih. 

Sejumlah wisatawan dilaporkan sudah banyak yang menggunakan layanan tersebut. Komentar mereka umumnya positif dan mengaku senang atas layanan yang baru tersedia di Kyoto ini.

Lalu berapa harga sewanya? Sewanya sebesar Rp 794.000 selama enam jam. Konon, harga sewa sebesar itu termasuk murah karena layanan robot ini sangat mengesankan.

Untuk sementara, robot hanya bisa menemani wisatawan dalam perjalanan wisata dari Stasiun Kyoto, Kuil Kiyomuzudera, Nanzen-ji, dan Shogunzuka Saeiyu-den Hall.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Budak Seks Jepang, Ini 12 Fakta Geisha yang Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
Mengecap Kenikmatan Donat Buatan Tangan ala Jepang