Sukses

Asyik, Pengguna Spotify Kini Bisa Dengar Musik di Wear OS

Meski akses terbatas dalam Wear OS, pengguna juga bisa mengakses fitur Discover Weekly.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan kalau pihaknya akan meluncurkan aplikasi untuk smartwatch Android berbasis Wear OS yang dapat diunduh secara gratis.

Dilansir Phone Arena, Senin (22/10/2018) aplikasi tersebut bisa diunduh secara otomatis di Wear OS pada November 2018.

Dengan demikian, pengguna Spotify bakal bisa memutar lagu mudah, tanpa harus mengeluarkan smartphone dari saku mereka.

Meski akses terbatas dalam Wear OS, pengguna juga bisa mengakses fitur Discover Weekly.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur unik Spotify lain yang tersedia, seperti menyimpan lagu sebagai koleksi dengan mengklik ikon “love” yang terletak di antarmuka smartwatch.

Untuk bisa memutar musik, Wear OS akan menghubungkan aplikasi di dalam smartwatch melalui speaker atau Spotify  Connect.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Rombak Tampilan Aplikasi untuk Pelanggan Premium

Spotify baru saja mengumumkan perubahan besar-besaran di aplikasinya. Namun, perubahan kali ini ditujukan untuk para pelanggan berbayar alias premium.

Dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (20/10/2018), perubahan yang paling terlihat adalah navigasi aplikasi. Lewat pembaruan ini, Spotify menyederhanakan navigasi yang ada di aplikasinya.

Sebelumnya, Spotify menawarkan opsi lima navigasi di bagian bawah aplikasi yakni Home, Browse, Search, Radio, dan My Library. Akan tetapi dengan pembaruan terkini, tombol navigasi itu dipangkas menjadi Home, Search, dan My Library saja.

Tab Recommendations nantinya akan muncul di laman Home, sedangkan Discovery hadir lewat tab Search. Kali ini, tab Search juga dipersonalisasi sehingga mampu menampilkan genre yang paling sering diputar.

Sementara bagian Browse kini dipindahkan ke laman Search. Lewat laman ini pengguna dapat melihat rekomendasi playlist, termasuk playlist yang dibuat khusus ditambah rekomendasi berdasarkan kategori. 

Bagian Radio juga mendapat perubahan yang membantu pengguna untuk mencari musisi atau lagu favorit. Kini, Spotify juga menyediakan opsi radio yang dapat dipersonalisasi daftar lagunya.

Jadi, layanan asal Swedia tersebut akan membuat sebuah kanal radio favorit pengguna berdasarkan data daftar lagu yang ada di aplikasi. Nantinya, radio ini juga dapat diunduh dan diputar secara offline.

Pembaruan ini akan hadir untuk seluruh pengguna berbayar Spotify di Android dan iOS. Spotify sudah merilis pembaruan ini secara global, tapi ada kemungkinan pengguna akan mendapatkannya secara bertahap.

Kehadiran pembaruan ini tidak lepas dari persaingan layanan streaming musik yang kian sengit. Meski masih menjadi  pemain dengan pengguna terbesar, Spotify masih dibayangi pemain lain, seperti Apple Music atau Pandora.

3 dari 3 halaman

Spotify Izinkan Pengguna Gratis Skip Iklan Sesuka Hati

Perubahan sebelumnya juga dilakukan Spotify untuk pengguna gratis. Jadi, tampilan aplikasi untuk pengguna gratis sudah lebih dulu tampil lebih sederhana. 

Tidak hanya itu, Spotify juga memanjakan pengguna gratisnya dengan melakukan uji coba untuk melewatkan iklan yang mengganggu secara lebih bebas. Uji coba ini dilakukan di Australia.

Jadi, pengguna dapat melewatkan iklan yang tidak disukainya sesukai hati, tanpa ada batasan waktu. Setelah iklan dilewatkan, pengguna akan langsung diarahkan ke lagu selanjutnya.

Spotify menyebut fitur ini sebagai 'Active Media'. Nantinya, pengiklan tidak perlu membayar perusahaan jika iklan yang ditampilkannya dilewati oleh pengguna.

Strategi ini terbilang berani mengingat iklan merupakan sumber pendapatan utama dari layanan gratis. Kendati demikian, Spotify melakukan ini bukannya tanpa alasan.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.