Sukses

iPhone XS, XS Max, dan XR Kantongi Sertifikat TKDN, Segera Masuk Indonesia?

Phone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian, kapan rilis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga perangkat iPhone terbaru yang dirilis Apple 16 September lalu, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian.

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemenperin, Jumat (28/9/2018), sertifikat TKDN ketiga iPhone ini diberikan untuk PT Apple Indonesia dengan nomor 586/ILMATE/TKDN/9/2018 dan dikeluarkan pada 27 September 2018.

Masing-masing mendapatkan sertifikat TKDN, yakni iPhone XS Model A2097, iPhone XS Max Model A2101, dan iPhone XR Model A2105. Ketiganya telah disertifikat mendapatkan tingkat kandungan dalam negeri sebesar 30 persen.

Meski sudah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin, saat kami telusuri di laman e-Sertifikasi dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), ketiga model iPhone terbaru ini belum mendapatkan e-Sertifikasi.

Adapun pada tanggal yang sama, kustomer dengan nama PT Apple Indonesia mendapatkan e-Sertifikasi untuk produk Apple Watch dengan model APPLE & A2008 atau Apple Watch 4 alias jam pintar Apple seri terbaru.

Sertifikat TKDN iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dengan didapatkannya sertifikat TKDN untuk iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, serta Apple Watch 4 kemungkinan bakal segera hadir di Indonesia.

Sebelumnya dalam peluncuran iPhone terbaru, SVP Worldwide Marketing Apple Phill Schiller, iPhone XS, XS Max, dan XR dijual di AS mulai 21 September 2018.

“Ketiga seri iPhone terbaru ini juga akan menyusul ke negara lain mulai 28 September 2018,” ujarnya dalam sesi keynotes peluncuran iPhone terbaru yang dihelat di Steve Jobs Theater, Apple Campus, Cupertino, AS.

Namun, apakah ketiga smartphone terbaru Apple tersebut juga akan dijual pada tanggal yang sama seperti di negara lain?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Erajaya dan Smartfren Soal iPhone XS

Meski begitu, sebelumnya saat kami mengkonfirmasi kepada PT Erajaya Swasembada dan Smartfren selaku mitra penjualan resmi iPhone di Indonesia keduanya mengaku belum bisa mengkonfirmasi apakah iPhone terbaru bakal dijual di Tanah Air.

"Belum dapat konfirmasinya (dari Apple). Saya tidak bisa memberi jawaban, karena itu bagian dari Apple yang akan menjawab," ujar Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Direktur Marketing & Communication Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo, saat dihubungi beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, pihaknya tidak bisa menjawab karena belum ada konfirmasi dari pihak Apple.

3 dari 3 halaman

Harga iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Sebelumnya dalam peluncuran ketiga iPhone terbaru di markas baru Apple, disampaikan SVP Worldwide Marketing Apple Phill Schiller, iPhone XS, XS Max, dan XR dijual di AS mulai 21 September 2018. Adapun periode pre-order akan dimulai Jumat besok, 15 September 2018.

“Ketiga seri iPhone terbaru ini juga akan menyusul ke negara lain mulai 28 September 2018,” ujarnya dalam sesi keynotes peluncuran iPhone terbaru yang dihelat di Steve Jobs Theater, Apple Campus, Cupertino, AS.

Schiller juga mengumbar harga dari ketiga iPhone tersebut di wilayah AS.

Untuk iPhone XS, Apple membanderolnya mulai dari US$ 999 (setara dengan Rp 14,7 juta).

Sementara iPhone XS Max, dipatok mulai dari US$ 1.099 (Rp 16,2 juta), sedangkan untuk iPhone XR dilego mulai dari US$ 799 (Rp 11 jutaan).

Sayangnya, Schiller tidak menjabarkan secara detail harga untuk masing-masing varian iPhone.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.