Sukses

Menebak Kepanjangan Huruf R dari iPhone XR

Blogger situs web Daring Fireball John Gruber, menilai alasan Apple memilih R pada iPhone XR semata-mata cuma perihal abjad.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang gemar menamai perangkat iPhone-nya dengan angka dan huruf-huruf simpel.

iPhone seri S, contohnya, perangkat ini selalu hadir dengan angka yang akhirannya diembel-embeli huruf 'S', seperti iPhone 5s dan iPhone 6s. Adapun seri lain yang hadir dengan nama seperti iPhone 5C dan iPhone SE.

Apple memang tidak mengungkap detail alasan mereka memilih nama yang sebegitu simpel untuk perangkat iPhone-nya.

Namun, beberapa sumber menyebut huruf 'S' pada iPhone mereka merupakan kepanjangan dari 'speed' (kecepatan), begitu pun dengan SE yang merupakan singkatan dari Special Edition, dan C yang konon katanya adalah singkatan dari colors.

Terbaru, ada lagi iPhone anyar Apple yang mengusung nama unik. iPhone yang digadang-gadang menjadi iPhone termurah ini, membawa nama iPhone XR. Lalu, apa maksud dari huruf R ini?

Dilansir Business Insider pada Senin (24/9/2018), blogger situs web Daring Fireball John Gruber, menilai alasan Apple memilih R pada iPhone XR semata-mata cuma perihal abjad.

"Menurutku begini, R itu enggak ada artinya sama sekali, bukan singkatan atau bagaimana. Aku bahkan enggak bisa memikirkan kata yang cocok dimulai dari R pada iPhone XR," ujar Gruber.

"Aku pikir Apple cuma kepingin cool saja dan bisa jadi R adalah huruf sebelum S dalam abjad. Jelas ini menandakan R dari XR adalah iPhone yang lebih 'ringan' ketimbang XS," tandasnya.

Lalu bagaimana menurutmu, apakah kamu punya asumsi tersendiri soal kepanjangan dari huruf R pada iPhone XR?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paling Murah, Ini Alasan Apple Hadirkan iPhone XR

Banderol harga iPhone terbaru tak dimungkiri selalu dilepas dengan nilai yang terbilang tinggi. Namun, Apple selalu memberi slot khusus untuk model iPhone yang termurah.

Terkini, predikat iPhone anyar yang dibanderol termurah adalah iPhone XR. Dibanderol dengan harga US$ 749, smartphone ini memang memiliki harga lebih murah dari dua model iPhone lain yang dijual mulai dari US$ 999.

Dalam wawancara dengan Nikkei, CEO Apple Tim Cook menyebut keputusan untuk merilis iPhone XR tak lepas dari cara Apple memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang memiliki iPhone anyar.

Menurut Cook, Apple tahu bahwa ada sejumlah konsumen yang ingin mendapatkan akses fitur di iPhone X tapi dengan harga lebih terjangkau. Oleh sebab itu, Apple memperkenalkan iPhone XR.

"Meski hadir dengan fitur yang berbeda dari iPhone XS, smartphone ini sama-sama mengusung desain all-screen dan memakai chip A12 Bionic. Sebagai tambahan, iPhone XR juga tersedia dalam lebih banyak warna," tuturnya seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (14/9/2018).

Kehadiran iPhone XS tidak lepas dari kebutuhan sebagian besar pengguna Apple yang selalu menantikan inovasi terbaru dari perusahaan.

Karenanya, mereka siap membayar berapapun untuk memperoleh produk dengan inovasi terbaru Apple.

"Sementara iPhone XS Max ditujukan untuk segmen yang sama tapi dengan kebutuhan perangkat yang lebih besar," tambah Cook.

Cook juga menyebut iPhone telah berperan kian besar di kehidupan orang-orang, sehingga pelanggan saat ini tidak segan membayar lebih untuk produk baru Apple.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi iPhone XR

Smartphone ini memiliki bentang layar sedikit lebih besar ketimbang XS, yakni 6,1 inci. 

Uniknya, desain iPhone XR tetap identik dengan iPhone XS dan XS Max, tetapi tidak untuk materialnya, ia hanya dibalut material aluminium.

Bedanya, material yang membalut smartphone ini diklaim berasal dari material kelas aerospace. iPhone XR juga hadir dengan fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP67. 

iPhone XR, kata SVP Worldwide Marketing Apple Phill Schiller, bisa dibilang adalah ‘iPhone X’ yang hadir dengan layar LCD.

Karena itu, jika iPhone XS dan XS Max memiliki panel OLED, iPhone XR justru masih mengadopsi panel LCD.

Untuk dapur pacu, iPhone XR dipersenjatai dengan prosesor yang sama dengan iPhone XS dan XS Max, yakni A12 Bionic berteknologi Neural Engine generasi terbaru.

iPhone ini hadir dalam tiga varian kapasitas internal, mulai dari 64GB, 128GB, dan 256GB. Ia juga hadir dengan fitur Dual SIM. 

Sementara untuk sektor kamera, iPhone XR hanya mengusung satu kamera utama, bukan kamera ganda seperti iPhone XS dan XS Max.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 12MP dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. Meski cuma satu kamera utama, Schiller mengungkapkan kalau iPhone XR mampu melakukan fitur Portrait Mode seperti yang ada pada kamera ganda di iPhone X.

Tak lupa fitur Smart HDR yang ada di iPhone XS dan XS Max hadir di sini, bersamaan dengan peningkatan fitur Portrait Mode dengan Depth Control, serta fitur Advanced Bokeh.

Adapun kamera selfie iPhone XS tidak disebutkan berapa besaran resolusinya. Schiller cuma mengungkap kamera selfie smartphone ini tetap diperkaya dengan fitur True Depth, serta hadir dengan fitur Face ID.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.