Sukses

Apple Resmi Umumkan iPhone XS dan iPhone XS Max

Dua iPhone terbaru ini diperkenalkan langsung di gelaran Apple Event, yang dihelat langsung dari Steve Jobs Theater di markas Apple Campus, Rabu pagi (12/9/2018) waktu setempat.

Liputan6.com, Cupertino - Teka-teki iPhone teranyar Apple akhirnya terjawab sudah. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut, baru saja mengumumkan kehadiran iPhone terbarunya: iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Dua iPhone terbaru ini diperkenalkan di gelaran Apple Event, yang dihelat langsung dari Steve Jobs Theater di Apple Campus, Cupertino, California, Rabu pagi (12/9/2018) waktu setempat. 

“iPhone X adalah definisi dari smartphone masa depan. Smartphone ini hadir dengan revolusi fitur Face ID dan modus kamera Portrait Mode. Sebanyak 98 pelanggan kami bahkan puas dengan iPhone X,” ujar Cook saat membuka sesi keynotes-nya.

“Hari ini, kami akan membawa iPhone X ke level yang lebih tinggi, dan iPhone XS adalah level tersebut,” tambahnya.

Sesuai dengan rumor-rumor sebelumnya, iPhone generasi anyar ini hadir dengan desain identik dari iPhone X yang diluncurkan pada tahun lalu.

Phill Schiller selaku SVP Worldwide Marketing Apple, menjelaskan sejumlah keunggulan yang diboyong iPhone XS dan XS Max.

Disampaikan Schiller, dalam segi desain iPhone XS mengusung layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max memiliki bentang layar yang lebih besar, yakni 6,5 inci. Ia juga dibalut dengan layar panel OLED Super Retina. 

Keduanya tetap mengadopsi desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch yang sama dengan iPhone X.

Di notch tersebut, bertengger sejumlah sensor, seperti kamera selfie, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

Baik iPhone XS dan XS Max juga diklaim memiliki fitur Face ID dengan akurasi yang lebih cepat.

Kedua iPhone ini pun mengusung material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi.

Tak cuma itu, mereka dilengkapi fitur tahan air bersertifikasi IP68 yang telah diuji tahan dengan berbagai macam cairan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prosesor Generasi Baru, A12

Beranjak ke dapur pacu, iPhone XS dan XS Max dipersenjatai dengan prosesor terbaru Apple dalam chip 7 nanometer, yakni A12 Bionic dengan teknologi cerdas Neural Engine. Prosesor ini memiliki 6,9 miliar unit transistor, dengan CPU 6 inti. 

Schiller pun mengklaim performa A12 lebih kencang dibandingkan A11. Berkat A12, iPhone XS dan XS Max mampu memberikan kinerja terbaik bersamaan dengan fitur anyar iOS 12, seperti AR (Augmented Reality), Memoji, dan shortcut Siri. 

Pada sektor kapasitas penyimpanan, iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga varian memori internal: 64GB, 256GB, dan yang terbesar 512GB.

Untuk urusan daya, sayangnya Schiller tidak mengungkap besaran baterai pada iPhone XS dan XS Max.

Namun, ia membandingkan kalau performa daya iPhone XS lebih awet 30 menit ketimbang iPhone X, sedangkan iPhone XS Max lebih lama 90 menit daripada iPhone X. iPhone XS Max, kata dia, juga hadir dengan dukungan Dual SIM khusus untuk wilayah Tiongkok.

3 dari 3 halaman

Kamera

Dari segi kamera, lanjut Schiller, iPhone XS dan XS Max tetap mempertahankan kamera ganda sama halnya seperti iPhone X.

Namun, kamera pada iPhone ini memiliki kinerja lebih baik dan cerdas berkat teknologi Neural Engine dari prosesor A12.

Dua iPhone baru ini menghadirkan lensa wide-angle dengan resolusi 12MP dan flash True Tone yang lebih baik.

Adapun lensa berikutnya adalah lensa telephoto dengan resolusi 12MP. Keduanya sama-sama dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. 

Untuk kamera selfie, iPhone XS dan XS Max dilengkapi dengan sistem kamera True Depth dengan sensor beresolusi 7MP. 

Adapun kamera iPhone XS dan XS Max dilengkapi dengan fitur terbaru bernama Smart HDR. 

Berkat fitur tersebut, pengguna bisa mengambil beberapa foto objek bergerak dengan zero shutter lag, dan prosesor A12 akan memproses objek untuk menghasilkan foto terbaik.

Peningkatan besar lain pada sektor kamera adalah kehadiran tool slider edit foto terbaru pada layar kamera yang memungkinkan pengguna mengubah aturan aperture secara langsung.

Penasaran lebih lengkap soal informasi iPhone XS dan XS Max? Pantau terus kanal Tekno Liputan6.com untuk update terbarunya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.