Sukses

Galaxy Note 9 Dibongkar, Ini Penampakan Jeroannya

Liputan6.com, Jakarta - Baru empat hari dirilis, sudah ada yang membongkar flagship smartphone Samsung Galaxy Note 9. Mereka yang melakukan pembongkaran terhadap Galaxy Note 9 adalah sejumlah orang dari Rusia.

Setelah dibongkar, orang-orang ini membandingkan komponen-komponen yang dipakai Samsung untuk Galaxy Note 9 dan pendahulunya, Galaxy Note 8.

Berdasarkan pengumuman yang dilakukan, Galaxy Note 9 diketahui mengusung kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Note seri sebelumnya.

Oleh karena itu, model baterai baru ini sudah seharusnya lebih makan tempat dibandingkan baterai milik Note 8.

Penampakan Galaxy Note 9 saat dibongkar (Foto: GSM Arena)

Dari hasil pembongkaran, sebagaimana dikutip GSM Arena, Senin (13/8/2018), keduanya memiliki ukuran yang cukup serupa.

Namun, Samsung menerapkan sirkuit yang lain di Galaxy Note 9 untuk mengakomodasi baterai yang lebih besar.

Selanjutnya, dari pembongkaran juga diketahui tempat menyimpan S Pen di Galaxy Note 9 dibuat lebih kokoh sehingga kecil kemungkinan perangkat stylus ini mengalami kerusakan.

Perbandingan housing S Pen di Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 (Foto: GSM Arena)

Selain itu, port USB-C nya lebih mudah diganti, juga lebih murah, lantaran seluruh motherboard atau papan sirkuit tak perlu dilepas saat ingin mengganti port USB tipe C.

Papan sirkuit Galaxy Note 9 pun lebih kecil dibandingkan milik Galaxy Note 9. Sementara secara ukuran, speaker Galaxy Note 9 lebih besar sehingga akan mampu menghasilkan suara yang lebih baik dan lebih kencang.

1 dari 3 halaman

Teknologi untuk Atasi Panas

Hal menarik lainnya mengenai Galaxy Note 9 adalah konstruksi internal berupa lempeng tembaga besar yang dipakai untuk mengusir panas.

Sementara, lempeng tembaga di smartphone kelas flagship pada umumnya memiliki ukuran tipis.

Dengan tebalnya lempeng tembaga, artinya Galaxy Note 9 akan mudah meredam panas dari kinerja prosesornya. Pada gilirannya, kinerja berat pada smartphone pun tidak akan cepat membuat bodi panas.

Lempeng tembaga penahan panas di Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 (Foto: GSM Arena)

Secara keseluruhan, bagian dalam Galaxy Note 9 sangat berbeda dengan Galaxy Note 8 kendati penampilan luarnya sangat mirip.

Selain itu, ada perbaikan yang lebih baik, termasuk biaya penggantian beberapa komponen yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Komponen papan sirkuit di Galaxy Note 9 (Foto: GSM Arena)

Sayang, meskipun jadi keunggulan utama, layar lengsung milik Galaxy Note 9 tetap menjadi kelemahan utama sebab dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan penggatian layar saat smartphone pecah.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 9

Sebelumnya, Samsung meluncurkan smartphone terbarunya, Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat.

Sebagai otak utama dari smartphone ini, Samsung membenamkan chipset Snapdragon 845 dengan dua opsi RAM, 6GB dan 8GB. Samsung menjanjikan pengalaman penggunaan yang mulus hingga kemampuan mengunduh yang lebih cepat.

Memiliki layar 6,4 inci, Galaxy Note 9 menjadi model smartphone Infinity Display terbesar dari Samsung saat ini. Samsung menghadirkan dua pilihan memori, yakni 128GB dan 512GB.

Sama seperti rumor yang beredar sebelumnya, Galaxy Note 9 mampu mendukung kapasitas memori hingga 1TB. Hal itu dimungkinkan dengan kombinasi antara perangkat varian memori internal 512GB yang ditambah microsD Samsung berukuran sama.

Kapasitas baterai juga menjadi perhatian Samsung untuk perangkat ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu menjanjikan daya tahan seharian dengan baterai berkapasitas 4.000mAh.

Dari sektor kamera, Galaxy Note 9 memiliki kamera utama ganda yang masing-masing beresoluasi 12MP. Keduanya memiliki aperture berbeda, f/2.4 dan f/1.5, untuk menangkap gambar dalam beragam kondisi pencahayaan.

Tidak hanya itu, Samsung juga menyertakan kemampuan intelligent camera di Galaxy Note 9. Kamera utama perangkat ini mampu mengenali 20 scene berbeda dan melakukan pengaturan untuk mampu menghasilkan gambar terbaik.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 8MP dengan aperture f/1.7. Tidak lupa, S Pen turut memperbarui kemampuan S Pen yang kini dibekali dengan bluetooth.

Koneksi Samsung Dex untuk penggunaan layaknya komputer pun kian ditingkatkan. Kali ini, tidak diperlukan dock khusus seperti Samsung Dex sebelumnya, melainkan hanya adapter biasa yang dapat langsung dihubungkan ke monitor.

Galaxy Note 8 sudah menjalankan Android 8.1 Oreo. Samsung menghadirkan empat opsi warna untuk perangkat ini, yaitu Metallic Copper, Lavender Purple, Midnight Black, Ocean Blue.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Alasan Samsung Masih Bertahan dengan Dua Kamera di Galaxy Note 9
Artikel Selanjutnya
Ini Fitur Keren Samsung Galaxy Note 9 yang Bikin Hamish Daud Kepincut