Sukses

9 Aplikasi yang Sangat Berbahaya Jika Dipakai Si Buah Hati

Tak ada cara lain melindungi anak selain tetap mengawasi penggunaan smartphone-nya. Salah satunya adalah mengetahui aplikasi apa saja yang mereka mainkan.

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan kesempatan bermain smartphone bagi si buah hati memang seperti pisau bermata dua.

Di satu sisi, kita terbantu karena bisa menghubungi anak kapanpun diperlukan. Tapi di sisi lain, bahaya mengintai di balik pemakaian smartphone.

Tentu kamu masih ingat dengan Momo Challenge yang gentayangan di aplikasi WhatsApp. Tantangan berupa teror yang berujung pada aksi bunuh seorang bocah ini membuat orang tua cemas.

Tak ada cara lain melindungi anak selain tetap mengawasi penggunaan smartphone-nya. Salah satunya adalah mengetahui aplikasi apa saja yang mereka mainkan.

Belum lama ini, pihak kepolisian The Sarasato County telah menghimpun sembilan (9) aplikasi yang berpotensi bisa memicu bahaya bagi anak-anak. Apalagi jika si anak tak paham dengan potensi bahaya itu.

Beberapa trik tersembunyi dirancang para pengembang dalam aplikasi ini. Ada yang dibuat untuk menyembunyikan foto. Yang berbahaya aplikasi itu sering dipakai untuk aksi bully.

Dari 10 aplikasi ini, mungkin kamu pernah mendengar beberapa aplikasi ini karena cukup populer. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir Dream.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Rahasia dengan Orang Tak Dikenal

Bumble

Mirip seperti aplikasi pencarian jodoh Tinder, Bumble menyaratkan para pengguna wanita untuk menghubungi pujaannya.

Anak-anak biasanya menggunakan aplikasi ini dengan akun palsu atau memalsukan umurnya.

Snapchat

Pasti kamu sudah tahu aplikasi ini. Para pengguna bisa mengetahui lokasi dan konten hilang dalam 24 jam.

Kik

Biasanya anak-anak menggunakan fitur pesan teks. Nyatanya, orang lain bisa menghubungi bahkan mengirim pesan melalui aplikasi ini.

Whisper

Dibuat tanpa nama, pengguna platform media sosial ini bisa menceritakan rahasia dengan orang asing. Yang mengkhawatirkan, aplikasi ini bisa mengetahui lokasi di pengguna.

Holla

Aplikasi obrolan adiktif ini diketahui memperkenalkan diri pengguna untuk berbagi konten eksplisit.

3 dari 3 halaman

Aplikasi yang Banyak Dipakai Buat Mem-bully

Livelime

Aplikasi live streaming ini bisa mengetahui lokasi penggunanya. Yang mengerikan, Livelime memiliki mata yang sendiri untuk membayar anak di bawah umur membuat foto

Ask.fm

Aplikasi ini cukup tenar dan banyak digunakan. Tapi, siapa sangka jika Ask.fm sering dipakai untuk melancarkan aksi bully. Pengguna diminta untuk mengizinkan orang lain menanyakan hal paling pribadi.

Calculator%

Sekilas aplikasi ini membosankan. Tetapi aplikasi ini secara rahasia menjadi tempat untuk menyembunyikan foto, video, file, dan riwayat browser.

Hot or Not

Aplikasi 'hook-up' populer yang mendorong pengguna untuk menilai profil penggunanya.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.