Sukses

Pasca-Gempa Lombok, Jaringan Komunikasi Perlahan Mulai Pulih

Butuh waktu pula menormalkan jaringan akibat kerusakan infrastruktur di sejumlah lokasi bencana.

Liputan6.com, Lombok - Telkomsel langsung bergerak cepat memulihkan akses jaringan komunikasi sempat terputus akibat bencana gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Hanya butuh waktu kurang sehari, Telkomsel memobilisasi genset catuan daya listrik serta mengaktifkan mobile base transceiver station (BTS). 

“Jaringan komunikasi Telkomsel sudah pulih sehari usai bencana,” kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan pada Jumat (10/8/2018).

Bob mengatakan, gangguan jaringan komunikasi Telkomsel disebabkan terhentinya pasokan listrik ke sejumlah BTS di NTB.

Butuh waktu pula untuk menormalkan jaringan akibat kerusakan infrastruktur di sejumlah lokasi bencana.

“Sesaat terjadinya gempa layanan komunikasi sempat terganggu karena kehilangan pasokan listrik. Dalam waktu kurang dari 24 jam, tim kami bergerak cepat untuk memulihkan jaringan dengan memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS.”

Meskipun demikian, Bob menyadari pentingnya akses komunikasi dalam penanggulangan kondisi bencana suatu wilayah. 

Selain itu, komunikasi dibutuhkan korban bencana alam guna mengabarkan perkembangan kondisi terbaru pada dunia luar.  

“Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi antar relawan, tim penolong, maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan,” tuturnya.

Telkomsel terus berupaya mengoptimalkan layanan komunikasi dengan mendatangkan mobile genset serta pasokan BBM. Keberadaannya untuk menjamin kontinuitas pengoperasian jaringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Sosial

Di samping itu, Telkomsel bersama mitra authorized dealer (AD) menyerahkan bantuan sosial kemanusiaan berupa logistik, seperti makanan siap konsumsi, air mineral, pakaian layak pakai, handuk, selimut, dan obat-obatan.

Telkomsel juga menyediakan fasilitas komunikasi gratis berupa ponsel dan kartu perdana bagi para relawan dan korban bencana.

“Pelanggan yang ingin membantu korban gempa Lombok, Telkomsel bekerja sama dengan Yayasan Rumah Zakat Indonesia membuka layanan donasi,” sebutnya serta menambahkan jajaran Telkomsel turut prihatin atas bencana menimpa warga NTB ini. 

"Jajaran manajemen dan seluruh karyawan Telkomsel menyampaikan rasa prihatin dan berempati atas apa yang dialami para korban musibah ini,” pungkas Bob. 

(Abelda Gunawan/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.