Sukses

Trik Tersembunyi Google yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Penasaran fitur atau trik apa saja yang Google sembunyikan? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan pengguna di dunia sudah memakai aplikasi, perangkat, layanan, atau fitur Google hingga hari ini.

Meski mengantongi jumlah angka pengguna terbesar, ternyata banyak yang tidak mengetahui seluruh fitur atau trik yang Google 'sembunyikan' di dalam aplikasi buatannya.

Penasaran fitur atau trik apa saja yang Google sembunyikan? Tanpa panjang lebar, simak daftar lengkapnya.

1. Ketik Otomatis dengan Suara

Mengetik merupakan kegiatan yang melelahkan. Berbekal aplikasi Google Docs, hal tersebut menjadi lebih gampang.

Cukup dengan berbicara saja, smartphone Android kamu bisa mengetik otomatis. Beruntung, fitur pengetikan otomatis ini telah mendukung bahasa Indonesia dengan cukup baik.

2. Browsing Sambil Mengetik

Ketika mengetik makalah, tugas kampus, atau kerjaan kantor, umumnya kita membutuhkan referensi.

Pakai Google Docs, kamu tidak perlu berpindah tab aplikasi, alias bisa langsung melakukannya di aplikasi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Olah Data Secara Instan

Kumpulan Google Apps. (Doc: Android Community)

Seberapa banyak dari kamu yang menggunakan Google Sheet? Seperti kebanyakan orang, aplikasi yang satu ini memang jarang digunakan, kecuali kamu yang bekerja di bidang finance.

Itu pun kebanyakan dari mereka menggunakan program Microsoft Excel. Meski memiliki fungsi yang sama, Google Sheet nyatanya lebih canggih.

Jika di Excel kamu harus mengolah data kembali agar berbentuk grafis yang mudah dipelajari, ketika pakai Google Sheet semua ini bisa dilakukan secara otomatis.

4. Buat Catatan dengan Suara

Mirip seperti trik mengetik otomatis dengan suara, hanya saja ini catatan. Hal ini bisa terjadi bila kamu memakai aplikasi Google Keep.

Apabila ada suatu hal yang ingin kamu catat, cukup buka aplikasi ini, lalu tekan tombol rekam, dan bicara. Secara otomatis catatan terbuat.

3 dari 3 halaman

5. Multiple Account

Apabila kamu memakai aplikasi GMail di smartphone kamu, ternyata nggak hanya bisa untuk email Google saja.

Kamu juga bisa memasukkan email lainnya seperti Yahoo atau Outlook hingga email kantor. Yang perlu kamu lakukan hanya menyetting IMAP/POP dari layanan email tersebut.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.