Sukses

Google Hadirkan Pembaruan Aturan Privasi dan Keamanan Akun

Pembaruan untuk akun Google ini membuat pengguna dapat melakukan pengaturan dan pengecekan secara lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan pengaturan akun yang telah diperbarui. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat melakukan pengaturan privasi dan keamanan yang lebih mudah.

Update ini meliputi fitur baru yang dapat mempermudah navigasi, setelan keamanan dan privasi yang lebih baik, termasuk aktivitasi riwayat yang lebih detail.

Pengaturan ini berlaku untuk kolom pribadi, perangkat, metode pembayaran, pembelian, hingga reservasi.

Fitur ini sudah dapat digunakan oleh pengguna Android, sedangkan pengguna iOS dan versi situs menyusul dalam waktu dekat. Lewat pembaruan ini, pengguna juga dapat mencari pengaturan dengan lebih mudah termasuk saat mengunjungi pusat bantuan.

Kehadiran pembaruan ini tak lepas dari persoalan privasi dan keamanan data yang menjadi topik penting di seluruh dunia.

Hal itu, menurut Head of Communications, Google Indonesia Jason Tedjasukmana, didukung dengan data bahwa lebih dari 20 juta pengguna, Google selalu mengunjungi pengaturan akunnya untuk memastikan keamanan data.

“Akun Google kini memungkinkan pengguna untuk menemukan pengaturan kontrol Aktivitas dan tab Data & Personalisasi kemudian memilih jenis aktivitas data yang tersimpan di akun,” jelas Jason dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/6/2018).

Di versi terbaru ini, pengguna juga akan mendapatkan notifikasi jika mendeteksi sesuatu yang mencurigakan. Aktivitas mencurigakan itu termasuk menghapus data akun di perangkat lama atau menghapus aplikasi mencurigakan yang memiliki akses ke data pengguna.

Google juga berencana untuk membangun dan menyempurnakan tools yang ada agar mudah dipahami dan dikontrol pengguna. Kendati demikian, perusahaan tetap mengingatkan pengguna melakukan pengecekan pengaturan privasi dan keamanan secara berkala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Swipe Kini Hadir di Gmail Versi Android

Sebelumnya, Google merilis pembaruan untuk Gmail pada perangkat berbasis Android. Versi terbaru Gmail hadir dengan sejumlah guna membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan.

Dilansir Phone Arena, Gmail versi baru untuk Android memiliki sejumlah perubahan. Salah satunya yaitu, kehadiran fitur Swipe actions yang ada pada menu General.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menggeser email ke kiri atau kanan untuk beragam fungsi. Misalnya, pengguna dapat mengatur fungsi gerakan menggeser ke kanan (right swipe) untuk menghapus atau memindahkan email ke folder lain.

Fitur swipe ini antara lain bisa digunakan untuk Archive, Delete, Mark as read/unread, Move to, Snooze dan None.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini untuk dua tindakan sekaligus, yakni gerakan menggeser email ke kanan dan kiri dengan fungsi berbeda.

Versi terbaru Gmail ini belum tersedia di Google Play Store. Para pengguna harus bersabar sampai Google merilisnya secara resmi, tapi kemungkinan akan hadir pada bulan ini.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.