Sukses

Bulan Semakin Menjauh dari Bumi? Ini Penjelasannya

Menurut peneliti, Bulan akan terus bergerak menjauh dari Bumi, dan membuat durasi hari semakin lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat (AS), baru saja menemukan fakta yang mengejutkan soal Bulan.

Menurut mereka, sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu Bulan ternyata mengorbit lebih dekat ke planet Bumi.

Hal itu mengubah cara berputar Bumi pada sumbunya. Saat itu dalam sehari hanya berlangsung selama 18 jam.

Penelitian terbaru itu juga mengatakan bahwa Bulan akan terus bergerak menjauh dari Bumi, membuat durasi hari semakin lebih lama.

"Ketika Bulan bergerak menjauh, Bumi seperti pemain skater yang berputar makin lambat saat mereka merentangkan tangan mereka," kata Stephen Meyers, profesor geosains di University of Wisconsin-Madison dan penulis penelitian, seperti dilansir The Independent, Rabu (13/6/2018).

Untuk memahami bagaimana orbit Bulan memengaruhi rotasi Bumi, Profesor Meyers dan timnya menggunakan metode astrochronology.

Astrochronology adalah metode statistik yang menghubungkan teori astronomi dan pengamatan geologi, untuk merekonstruksi sejarah kuno tata surya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Lanjut Soal Astrochronology

"Salah satu ambisi kami adalah menggunakan astrochronology untuk mengamati waktu di masa lalu yang paling jauh, dan untuk mengembangkan skala waktu geologis yang sangat kuno.

"Kami ingin bisa mempelajari batuan yang berusia miliaran tahun, dengan cara yang sebanding dengan cara kami mempelajari proses geologi modern," jelas Profesor Meyers.

Salah satu cara Profesor Meyer mampu membuat perhitungan mengenai rotasi Bumi lebih dari satu miliar tahun yang lalu adalah, dengan meneliti sedimen di batu berusia 90 juta tahun.

Setelah itu dia menggunakan informasi dari batu itu untuk mengetahui tentang siklus iklim planet Bumi di masa lampau.

 

3 dari 3 halaman

Semakin Jauh Setiap Tahun

Bulan diyakini akan bergerak menjauh dari Bumi pada tingkat 3,82 sentimeter per tahun.

Jadi, dibutuhkan waktu ratusan juta tahun sebelum Bulan berada dalam jarak cukup jauh bagi manusia, untuk menghitung ulang berapa lama dalam satu hari di masa depan.

"Rekaman geologis adalah observatorium astronomi untuk tata surya awal. Kami sedang mencari denyutan irama yang terawetkan di dalam batu dan sejarah kehidupan," tambahnya.

Penelitian Prof Meyers ini juga telah diterbitkan di dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.