Sukses

Xiaomi Resmi Merilis Duo Redmi 6

Xiaomi merilis Redmi 6 dan Redmi 6A yang sama-sama didukung chipset besutan MediaTek.

Liputan6.com, Jakarta - Tak butuh waktu lama bagi Xiaomi untuk kembali merilis smartphone terbaru. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu menambah portofolio produk di 2018 dengan meluncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (13/6/2018), Redmi 6 memiliki layar berukuran 5,45 inci dengan aspek rasio 18:9. Smartphone ini dipersenjatai MediaTek Helio P22 dengan baterai berkapasitas 3.000mAh.

Sama seperti model smartphone Xiaomi lain, Redmi 6 memiliki dua konfigurasi memori, yakni RAM 3GB dengan ROM 32GB dan RAM 4GB dengan ROM 64GB. Memori keduanya dapat diperluas dengan microSD.

Urusan fotografi, smartphone ini memiliki kamera ganda (12MP dan 5MP) di bagian belakang dengan kamera depan 5MP. Xiaomi turut membenamkan fitur face unlock sebagai tambahan pemindai sidik jari.

Sementara Redmi 6A memiliki spesifikasi yang lebih rendah, tapi dengan desain serupa Redmi 6. Smartphone ini didukung chipset Helio A22 yang dibangun dari prosesor serupa Helio P22, tapi dengan inti yang lebih sedikit.

Redmi 6A memiliki RAM 2GB dan ROM 16GB yang dapat diperluas dengan microSD. Adapun kamera utama smartphone ini beresolusi 13MP dengan kamera depan 5MP.

Tak seperti Redmi 6, smartphone ini hanya didukung fitur face unlock tanpa pemindai sidik jari. Baik Redmi 6 dan Redmi 6A sudah menjalankan MIUI 10 dengan dukungan kecerdasan buatan.

Xiaomi membanderol Redmi 6 dengan harga mulai 799 yuan (Rp 1,7 juta), sedangkan Redmi 6A memiliki harga lebih murah, yakni 599 yuan (Rp 1,3 juta). Kedua smartphone akan dijual mulai 15 Juni di Tiongkok, tanpa informasi lebih lanjut soal ketersediaannya di pasar global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Kecerdasan Buatan, MIUI 10 Kini Bisa Pelajari Kebiasaan Pengguna

Sekadar informasi, Xiaomi juga baru saja merilis MIUI 10 sebagai sistem operasi terbaru. Perusahaan turut membenamkan sejumlah pembaruan dalam sistem operasi ini. 

Meski belum lengkap, Xiaomi sebenarnya sudah membeberkan sedikit fitur kunci dari sistem operasi ini. Salah satunya adalah MIUI 10 hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, contoh dari penerapan kecerdasan buatan ini adalah waktu muat aplikasi yang lebih cepat. Jadi, sistem ini akan mempelajari kebiasaan spesifik pengguna membuka aplikasi dalam satu waktu.

Selain itu, MIUI 10 juga didukung dengan asisten virtual yang sudah dibenamkan. Namun, fitur ini kemungkinan besar hanya akan tersedia untuk pasar Tiongkok.

Perubahan lain yang ditampilkan di MIUI 10 adalah bar notifikasi dan quick settings. Tampilan keduanya kini lebih modern dengan sentuhan elemen warna yang dibuat lebih buram.

Selain itu, navigasi berbasis gestur (gerakan) juga makin masif di versi terbaru. Jika sebelumnya navigasi 'menyapu' layar hanya ada di Mi Mix 2 dan Mi Mix 2S, kali ini fitur tersebut akan hadir di seluruh perangkat Xiaomi.

Tampilan recents apps di MIUI 10 juga lebih fungsional sekaligus minimalis. Sebagai tambahan, ada pula fitur khusus portrait yang disebut dapat bekerja untuk perangkat dengan kamera ganda maupun satu.

Xiaomi juga mengumumkan keberadaan aplikasi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar dari Mi Ecosystem. Sayangnya, perusahaan asal Tiongkok itu belum mengungkap jadwal peluncuran versi terbaru MIUI ini.

Kendati demikian, untuk sekarang, Xiaomi sudah membuka pengujian beta untuk MIUI 10 ROM versi tiongkok secara bertahap. Sementara untuk versi global, perusahaan akan mengungkapnya dalam pengumuman lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Resmi Melepas Mi 8 Explorer Edition

Sebelumnya, Xiaomi juga baru saja merilis flagship smartphone terbarunya yakni seri Mi 8. Ada tiga smartphone yang diperkenalkan dalam perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke-8 itu, yakni Mi 8, Mi 8 Explorer Edition, dan Mi 8 SE.

Dari ketiganya, Mi 8 Explorer Edition memiliki spesifikasi paling tinggi dengan sederetan fitur premium di dalamnya.

Misalnya saja, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Mi 8 Explorer Edition merupakan perangkat Android pertama yang didukung 3D Facial Recognition seperti pada iPhone X.

Selain itu, smartphone ini bersama Mi 8 merupakan perangkat pertama yang dibekali fitur teknologi dual-band GPS.

Tidak berhenti di situ, Mi 8 Explore Edition juga hadir dengan pemindai sidik jari di layar yang sensitif terhadap tekanan.

Beralih ke desain, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan bodi agak melengkung di sisi-sisinya yang terbuat dari material kaca transparan.

Dengan bodi belakang transparan ini, terlihat jelas bagaimana jeroan smartphone yang dibekali NFC, tekstur Kevlar pada baterainya, serta beragam komponen lainnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.