Sukses

Wajib Dicoba, Cara Jitu Berlindung dari Godaan Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma tagihan kartu kredit dan kontrak rumah, ternyata belanja online juga bisa membuat kantong makin tipis.

Foto barang-barang cantik berharga miring yang bertebaran di jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook, tak jarang 'menggoda iman' untuk boros.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak mudah tergoda dari godaan belanja online?

Dilansir dari CNBC, Kamis (26/5/2018), pakar keuangan, Suze Orman, mengatakan caranya cukup mudah. Kamu cukup menanyakan kepada diri sendiri apakah harus mengeluarkan uang untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan secara online?

“Apakah itu kebutuhan atau keinginan?” kata Orman.

Jika memang diinginkan, dia menyarankan untuk menahan diri supaya tidak kalap belanja spontan. Ini akan mencegah kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Selain itu, kamu juga harus membuat anggaran belanja dan usahakan untuk mematuhinya. Jika pengeluaran itu berada di luar anggaran, itu berarti ada anggaran lain yang harus dipangkas.

Hal ini diungkapkan oleh penulis buku Rich Kids: How to Raise Our Children to Be Happy and Successful in Life tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Pada Hal Lain

Kamu juga bisa menerapkan pola pikir CEO Virgin Group, Richard Brandson, yakni dengan fokus untuk hal-hal yang menunjang karier.

Di media sosial, pemikiran ini bisa diterapkan. Kamu sebaiknya tak perlu membeli sesuatu untuk memberikan kesan menyesuaikan diri dengan tren.

Vice President Consumer Insight Allianz, Paul Kelash, mengungkapkan, studi yang dilakukan oleh Allianz Life Insurance Company, menunjukkan generasi milenial pada dasarnya mampu memposisikan diri untuk keuangan yang lebih baik.

Kelash mengatakan, ada 80 persen generasi milenial yang percaya diri secara finansial, 58 persen menyisihkan uang untuk tabungan pensiun, dan 41 persen untuk menabung.

Meskipun ada godaaan media sosial, generasi ini bisa menemukan cara inovatif untuk membangun kekuatan finansial.

“Mereka menjadi lebih percaya diri karena tindakan ini,” pungkasnya.

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.