Sukses

Aplikasi Ini Bisa Ingatkan Kamu soal Utang Piutang

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan sebuah aplikasi unik yang bisa jadi solusi masalah utang piutang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebagian dari kamu tentu pernah lupa untuk membayar utang. Atau ketika kamu meminjamkan uang kepada teman, kemudian temanmu lupa membayar dan kamu merasa enggak enak untuk menagihnya.

Hal ini tentu menjengkelkan, bukan? Nah, sekarang kamu enggak perlu pusing lagi dengan masalah utang piutang dengan temanmu.

Dua orang mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PBBT) Tahun 2018. Mereka menciptakan sebuah aplikasi unik yang bisa jadi solusi masalah utang piutang.

Sebuah startup bernama Lunasbos yang digawangi oleh Adjie Purbojati dan Ilham Suaib, secara resmi telah memperkenalkan diri sebagai salah satu aplikasi financial technology (fintech) di Inkubator Amikom Business Park Yogyakarta, belum lama ini.

Dengan berbasis aplikasi smartphone, Lunasbos diharapkan bisa menjadi solusi bagi permasalahan utang-piutang kalangan milenial di Indonesia.

Lunasbos merupakan sebuah aplikasi pencatat utang-piutang dua arah yang saat ini sudah tersedia untuk sistem operasi Android.

Lunasbos menawarkan solusi dalam pencatatan transaksi utang-piutang sehari-hari. Tidak hanya mencatat, aplikasi Lunasbos juga dapat mengingatkan untuk membayar utang sesuai jatuh tempo yang telah disepakati bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Penagih Utang

Selain itu, Lunasbos juga mempunyai fitur penagih utang yang memungkinkan pemberi utang menagih utangnya saat jatuh tempo yang telah disepakati tanpa harus bertemu.

Jadi, fitur ini sangat cocok untuk mereka yang suka sungkan mengingatkan maupun menagih utangnya kepada teman.

Hebatnya, tak seperti note yang hanya mencatat sepihak, aplikasi ini dirancang untuk pencatatan dua pihak, baik si pengutang maupun pemberi utang, yang terintegrasi dengan kontak nomor di smartphone.

Saat pencatatan, keduanya akan saling tahu dan muncul di aplikasi Lunasbos masing-masing. Dengan begitu, aplikasi ini akan meminimalisasi kesalahpahaman yang terjadi akibat utang piutang.

Reporter: Kurnia Putri Utomo

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.