Sukses

Siapa Dr. Maya Angelou yang Nongol di Google Doodle Hari Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu (21/3/2018), saat membuka laman pencarian Google akan terlihat sosok perempuan bernama Dr. Maya Angelou. Siapa dia?

Dr. Maya Angelou adalah seorang penyair, penyanyi, penulis memoar, dan aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat (AS) yang nongol sebagai Google Doodle kali ini.

Uniknya, saat gambar doodle diklik, kamu bisa mendengar puisi berjudul Still I Rise dibacakan oleh sejumlah sosok terkenal dunia.

Adapun sosok yang membacakan puisi tersebut adalah Alicia Keys, Oprah Winfrey, America Ferrera, Martina McBride, bahkan rekaman asli suara Maya Angelou sendiri.

Semasa hidupnya, Maya sudah menerbitkan tiga buku esai, tujuh otobiografi, beberapa buku puisi dan beberapa kali muncul di seri drama dan TV.

Ia juga menerima lebih dari 50 gelar kehormatan dan dikenal karena serial otobiografinya. Serial ini mengisahkan pengalaman Maya di masa kanak-kanak hingga dewasa.

Berkat buku pertamanya yang berjudul I Know Why the Caged Bird Sings, wanita yang lahir pada 1969 ini pun menuai kesuksesan yang luar biasa.

Berkat jasa dan dedikasinya, Google pun menghormati Dr. Maya Angelou yang saat ini berulang tahun ke 90 dengan Google Doodle yang cukup unik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Hidup yang Keras

Dr. Maya Angelou. (Doc: Daily Beast)

Sebelum sukses menjadi penyair dan penulis, Maya sudah menekuni serangkaian pekerjaan mulai dari pekerja seks, penari klub malam, juru masak hingga wartawan.

Diketahui, ia sangat aktif dalam berbagai gerakan hak-hak sipil dan bekerja dengan Martin Luther King Jr bersama dengan Malcom X.

Pada 1993, Maya sempat membacakan puisi karangannya yang berjudul On the Pulse of Morning saat pelantikan Presiden Bill Clinton.

Pada 1994, ia dianugerahi sebuah Spingram MEdal dan National Medal of arts pada 2000. Bahkan, Presiden Barack Obama sendiri menganugerahinya dengan Presidential Medal of Freedom pada 2011.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.