Sukses

Telkomsel Uji Jaringan di GBK untuk Persiapan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel turut memanfaatkan momen Test Event Asian Games 2018 untuk menguji keandalan jaringan dan layanannya di sejumlah venue yang ada di komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK).

Telkomsel sebagai official mobile partner Asian Games 2018 telah memastikan pengamanan kualitas dan kapasitas layanan seluler di seluruh venue pertandingan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Telkomsel juga memanfaatkan momen ini untuk menguji keandalan sejumlah teknologi jaringan yang secara khusus disiapkan untuk kenyamanan komunikasi, serta memastikan pengalaman koneksi jaringan broadband para pengunjung Asian Games nanti tetap terjaga.

"Setelah sukses melakukan uji coba jaringan dengan jumlah massa yang cukup banyak saat peresmian Stadion Utama GBK beberapa waktu lalu, kini Telkomsel juga mengambil peran aktif dalam memastikan kualitas jaringan dan layanan terdepan, terutama yang mendukung akses layanan broadband dan digital para pengunjung selama ajang Test Event Asian Games 2018 yang berlangsung di sejumlah venue pertandingan di kawasan GBK," kata General Manager Network Engineering and Project Jabotabek Jabar Telkomsel, Nugroho Adi Wibowo, dalam keterangan resminya, Minggu (18/2/2018).

Test Event diselenggarakan oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) mulai 8 hingga 15 Februari 2018, sebagai salah satu upaya memastikan kesiapan sejumlah venue pertandingan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Dalam kesempatan ini, ada 8 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dengan memaksimalkan sejumlah venue yang sudah selesai direvonasi di kawasan GBK.

Nugroho lebih lanjut menjelaskan, dalam upaya pengamanan kualitas dan kapasitas jaringan di kawasan GBK, Telkomsel sudah mengoperasikan fasilitas jaringan BTS berteknologi 3G dengan frekuensi FDD 1,8 MHz dan jaringan 4G LTE pada frekuensi TDD 2,3 MHz.

Teknologi itu diklaim telah dilengkapi teknologi Massive MIMO (Massive Multiple Input Multiple Output), sehingga dapat menjadi solusi pengamanan akses broadband berkecepatan tinggi dengan tingkat trafik tinggi.

1 dari 3 halaman

Pengamanan Kualitas Jaringan

Telkomsel juga telah mengoperasikan fasilitas terbaru BTS Lampsite di lebih dari 120 titik untuk memastikan kualitas jaringan prima tetap terjaga untuk cakupan indoor di setiap venue pertandingan, khususnya di Stadion Utama GBK, Stadion Istora Senayan, serta Lapangan Tennis Indoor Senayan. Selain itu, dua unit Compact Mobile BTS (COMBAT) Telkomsel juga telah disiagakan sejak awal tahun untuk menguatkan kapasitas jaringan outdoor di kawasan GBK.

Pengamanan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel untuk sejumlah BTS Macr,o yang memang telah beroperasi sebelum proses renovasi kawasan komplek GBK. Peningkatan kapasitas layanan, serta perluasan cakupan jangkauan telah dimaksimalkan untuk menjaga kepastian akses seluler yang prima, terutama dalam pemanfaatan layanan berbasis broadband.

Upaya mengamankan jaringan untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta diklaim hampir selesai dan diharapkan beroperasi secara menyeluruh, bersamaan dengan rampungnya renovasi seluruh venue pertandingan, khususnya di kawasan GBK.

Telkomsel berharap pada saat berlangsungnya Asian Games 2018, atlet dan pengunjung dapat menikmati akses broadband berkecepatan tinggi untuk mengabadikan momen keseruan gelaran tingkat Asia tersebut.

2 dari 3 halaman

Telkomsel Pastikan Fasilitas Jaringan Maksimal

Selain itu, untuk memastikan fasilitas jaringan yang telah disiapkan untuk Asian Games 2018 dapat dinikmati secara maksimal, Telkomsel juga menghadirkan gerai pelayanan di sejumlah venue dalam gelaran Test Event Asian Games 2018.

Beberapa diantaranya berada di venue pertandingan cabang olahraga bola basket, bola volle dan atletik yang ada di komplek olahraga GBK, serta cabang olahraga pencak silat yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Jakarta Timur.

Di tiap gerai pelayanan tersebut, Telkomsel menghadirkan ragam penawaran produk dan layanan terdepan, terutama untuk layanan berbasis broadband dan digital seperti paket kuota data maksimal dengan harga terjangkau, paket layanan streaming video dan musik, aktivasi layanan mobile financial service Tcash, upgrade kartu 4G LTE, layanan registrasi prabayar khususnya untuk atlet dari luar negri, serta promo terbaru isi ulang pulsa dengan bonus cashback 20 persen saldo Tcash dan kuota data hingga 5GB.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Darurat Sinyal Telepon Seluler di Merauke
Artikel Selanjutnya
4 Pemenang Telkomsel The NextDev 2017 Digembleng di Silicon Valley