Sukses

3 Tips Hemat Kuota Data 4G di Smartphone Kamu

Kamu termasuk pengguna yang boros saat menggunakan kuota data 4G di smartphone, yuk ikuti tiga tips di bawah ini untuk menghemat kuota.

Liputan6.com, Jakarta - Internet dan kuota data kini menjadi kebutuhan penting bagi pengguna smartphone. Masing-masing operator kini menawarkan jaringan internet 4G yang memiliki konektivitas lebih cepat dibanding jaringan 3G.

Kendati demikian, konektivitas internet yang cepat membuat pengguna kerap kali terlalu nyaman internetan, akibatnya kuota data 4G pun jadi cepat habis.

Lantas apa yang harus dilakukan agar penggunaan kuota data 4G di smartphone lebih hemat? Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Membatasi Paket Data

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat paket data adalah melakukan pembatasan paket data.

Dengan menerapkan batasan kuota per hari, pengguna akan menerima peringatan jika kuota data telah melebihi batas yang ditentukan.

Buat kamu yang biasa menghabiskan misalnya 2GB per hari, kamu bisa menyetelnya menjadi 1GB per hari, atau berapa pun yang kamu inginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Minimalkan Penggunaan Aplikasi Chatting

Siapa sih yang tidak memakai aplikasi chatting di smartphone? Semua orang pasti punya. Apalagi pengguna di Indonesia ini menggunakan lebih dari satu aplikasi chatting.

Meski hanya dipakai untuk saling ngobrol atau berkomunikasi, aplikasi chatting ternyata memakan kuota data dalam jumlah banyak lho.

Untuk menghemat paket data, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak aplikasi chatting di smartphone. Hal ini karena kuota data akan terus terkuras bila aplikasi chatting tersebut aktif ataupun berjalan di background.

3 dari 3 halaman

3. Pakai WiFi

Apakah kamu sering menonton video streaming, mendengarkan musik streaming, atau menghabiskan waktu di Instagram menggunakan kuota data? Jika iya, kemungkinan besar hal-hal inilah yang membuat kuota data di smartphone kamu cepat habis.

Untuk menghemat kuota data, kamu bisa memilih menggunakan jaringan WiFi saat sedang membuka aplikasi-aplikasi streaming.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunduh konten dan menyaksikannya kemudian. Jika hal ini dilakukan, tentu kuota data kamu jadi lebih hemat dibanding sebelumnya.

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.