Sukses

Aktivis Internet John Perry Barlow Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - John Perry Barlow yang dikenal sebagai aktivis internet "visioner", advokat kebebasan pers, dan penulis lirik Grateful Dead, meninggal dunia di usianya yang ke-70 tahun.

Barlow meninggalkan tiga putri tercintanya, yaitu Leah Justine Barlow, Anna Winter Barlow, dan Amelia Rose Barlow. Sementara istrinya, Elaine Parker Barlow, sudah lebih dulu meninggal pada 1992.

Kabar duka ini diinformasikan organisasi Electronic Frontier Foundation (EFF) pada Rabu pagi waktu Amerika Serikat. Mengutip laman Guardian, Kamis (8/2/2018), pria kelahiran Wyoming tersebut meninggal dunia saat tidur.

"Kami akan merindukan Barlow dan kebijaksanaannya selama beberapa dekade yang akan datang. Dia akan selalu menjadi bagian integral dari EFF," kata Direktur Eksekutif EFF, Cindy Cohn. 

Barlow dinobatkan sebagai Guardian “Open 20” Fighter untuk kebebasan internet pada 2012 karena karyanya mendirikan EFF, yang membela kebebasan online.

 

1 dari 3 halaman

Internet Kebebasan yang Fundamental

Cohn menambahkan, "Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa sebagian besar internet yang kita semua tahu dan cintai saat ini, ada dan berkembang karena visi dan kepemimpinan Barlow."

Ia mengatakan, John Perry Barlow selalu melihat internet sebagai tempat kebebasan yang fundamental, di mana suara yang sudah lama dibungkam bisa menemukan audience dan orang bisa terhubung tanpa adanya batasan.

Cohn membantah anggapan orang bahwa Barlow adalah seorang pria "techno-utopianism" naif yang percaya bahwa internet bisa menyelesaikan semua masalah manusia tanpa melihat sebab akibat.

Ia menegaskan Barlow tahu betul bahwa teknologi baru dapat menimbulkan dan memberdayakan kejahatan, tapi di luar dari itu juga dapat melahirkan banyak kebaikan.

2 dari 3 halaman

Lahirkan Paham Counter-culture

Barlow pun dikenal banyak orang lewat tulisan soal filosofi yang berkaitan dengan internet pada 1990-an, terutama karyanya yang berjudul A Declaration of the Independence of Cyberspace pada 1996.

Melalui ideologi tentang internet yang diusungnya, ia kemudian melahirkan paham counter-culture dan libertarian.

Barlow juga diketahui menulis beberapa lagu untuk band rock Grateful Dead pada 1970-an. Ia pun dikenal dekat dengan gitaris Grateful Dead bernama Bob Weir.

Hubungannya dengan Grateful Dead membawanya ke komunitas Whole Earth 'Lectronic Link (WELL), yang dikenal sebagai salah satu jejaring sosial pertama di dunia. Kemudian, Bowel mulai dikenal lewat karyanya bertajuk Principles of Adult Behavior pada 1977.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Mengulik Kematian Michael Jackson, Serial Dokumenter Ini Dianggap Menyalahi Aturan
Artikel Selanjutnya
Demi Istri dan Anak, John Legend Tinggalkan Billboard Music Awards 2018