Sukses

Kemendikbud Larang Anak-Anak Main Gim Mobile Legends?

Beredar pesan berantai di pesan instan yang menginformasikan sejumlah gim dianggap berbahaya bagi anak, salah satunya Mobile Legends.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar pesan berantai di aplikasi pesan instan yang menginformasikan ada sejumlah gim yang dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Isi pesan singkat itu menyebutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui kanal Sahabat Keluarga menginformasikan daftar 16 gim yang dianggap berbahaya bagi anak, lengkap dengan tautan artikel yang dimaksud.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kali pesan berantai ini ramai muncul di aplikasi pesan instan. Sebelumnya, pesan serupa pun sempat beredar.

Bedanya, pesan sebelumnya hanya menyebutkan 15 judul gim, dan kali ini menjadi 16, dengan judul gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Mobile Legends sebagai tambahannya.

Untuk memastikan kebenaran pesan tersebut, Tekno Liputan6.com pun berusaha menelusuri tautan ini. Namun, artikel yang dimaksud di pesan singkat itu sudah tidak ada.

Kill monster di jungle dan minion yang ada di area. Liputan6.com/ Yuslianson

Tak berhenti di sana, kami pun coba menghubungi pihak Kemendikbud dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) terkait daftar tersebut.

Namun hingga berita ini diturunkan, baik Kemendikbud dan AGI masih belum memberikan jawabannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Gim yang Dimaksud

Ilustrasi bermain gim. Source: Love to Know

Seperti disebutkan, beredar pesan singkat yang mengumumkan sejumlah judul gim yang dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Adapun judul-judul gim tersebut adalah World of Warcraft, Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Kombat, Future Cop, Carmageddon, Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict Vietnam, Bully, Grand Theft Auto, dan Mobile Legends.

Dari ke-16 judul gim yang disebutkan, cukup mengejutkan melihat judul gim Mobile Legends masuk ke dalam daftar ini.

Terlebih gim MOBA buatan Moonton ini memang sedang booming di kalangan gamer Asia, termasuk Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Cantumkan Penelitian

Lebih lanjut, pesan tersebut juga menyertakan sebuah penelitian dari Iowa State University Amerika Serikat yang mengungkap, main gim yang mengandung unsur kekerasan dapat menyebabkan seorang anak “mati rasa”.

"Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati, tidak bisa menghormati orangtuanya atau kepada orang lain," kutip pesan singkat tersebut.

Mereka juga menyebutkan, "Anak akan tidak bisa fokus belajar, apalagi yang ada iming-iming hadiah gim sebesar Rp 7 milliar. Sangat mengganggu pikiran anak, tidak pernah bisa tidur malam sampai jam 03.00, sehigga sulit bangun pagi apalagi subuhan."

So, benarkan main gim dapat memimicu kekerasan dan membuat anak tidak fokus belajar?

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.