Sukses

3 Aplikasi Ampuh Bikin Lega Memori Android yang Penuh Sesak

Berikut adalah tiga aplikasi paling ampuh untuk membersihkan cache dan memori di perangkat Android kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang sudah kamu ketahui, Google Play Store dibanjiri oleh beragam aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja perangkat Android dengan cara membersihkan cache dan storage dari file yang tak terpakai.

Sayangnya, kebanyakan aplikasi tersebut hanya menawarkan solusi sementara. Namun, ada beberapa aplikasi yang memang layak menjadi pilihan. Berikut ini tiga aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah tiga aplikasi paling ampuh untuk membersihkan cache dan storage di perangkat Android kamu.

1. Files Go (Beta)

Setelah sekian lama, Google resmi memperkenalkan aplikasi file manager buatannya sendiri yang bisa kamu unduh langsung di Play Store.

Meski memiliki fungsi sebagai file manager, aplikasi buatan raksasa mesin pencari ini juga mampu membersihkan cache dan storage yang ada di dalam perangkat Android.

Files Go. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti aplikasi lainnya, Google ingin memberikan pengalaman mudah saat mengakses aplikasinya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan dan menyarankan aplikasi yang jarang terpakai untuk di uninstall.

Tak hanya itu, aplikasi ini menghadirkan fitur untuk mentransfer file tanpa memerlukan internet--seperti AirDroid dan ShareIt--dengan cepat dan mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. CCleaner

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Menjadi salah satu software pilihan bagi pengguna PC atau notebook untuk 'membersihkan' storage, Pririform, pembuat CCCleaner meluncurkan aplikasi terbaiknya ini untuk pengguna Android.

CCleaner. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Layaknya software PC, CCleaner versi Android memiliki kemampuan untuk membersihkan cache dan storage dengan beberapa fitur tambahan. Sayang, fitur-fitur tambahan ini hanya bisa diakses bilamana kamu membeli aplikasi versi berbayarnya.

3 dari 3 halaman

3. SD Maid

Kebanyakan aplikasi ketika di-install akan secara otomatis membuat folder di local storage perangkat Android menyimpan data dan file yang diunduh.

Sayangnya, ketika aplikasi tersebut dihapus, folder aplikasi tersebut tidak terhapus. Fitur di dalam SD Maid inilah yang akan mencari folder kosong apa saja yang ada di dalam perangkat dan menghapusnya.

SD Maid juga memiliki kemampuan untuk 'menandai' aplikasi sistem, aplikasi ter-install, dan database mana yang sudah tidak terpakai dan bisa dihapus agar storage perangkat lebih lega.

Tak hanya itu, SD Maid juga cukup 'pintar' untuk mengidentifikasi file duplikat yang membuat storage makin sesak.

Jika kamu rela beli versi berbayarnya, SD Maid menawarkan berbagai fitur menarik dan layak menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki perangkat Android dengan storage terbatas.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.