Sukses

Kesan Pertama Menjajal Kamera Selfie 20MP Oppo F5

Berikut hasil foto selfie bidikan kamera depan 20MP Oppo F5, yang disokong dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo F5 akhirnya resmi meluncur pada hari ini, Senin (13/11/2017). Smartphone tersebut hadir dengan peningkatan kamera selfie yang lebih baik.

Hadir dengan kamera depan tunggal 20MP f/2.0, Oppo F5 dilengkapi teknologi kecerdasan buatan bernama "AI Beauty Recognition Technology".

AI Beauty Recognition Technology adalah kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan Oppo F5, yang tak cuma dapat mengenali secara detail jenis warna kulit, tetapi juga jenis kelamin serta usia dari subjek foto.

Nantinya, hasil analisis perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global.

Kecerdasan buatan ini juga bisa mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walaupun berada dalam satu frame.

Seperti diungkap Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia, kebanyakan pengguna smartphone yang doyan selfie merasa efek beautify justru membuat foto selfie mereka terlihat berlebihan. Ada yang terlalu keputihan, atau juga penuh dengan distorsi.

"F5 adalah smartphone pertama Oppo yang memboyong teknologi kecerdasan buatan, ia bisa mengenal wajah secara akurat. Ada 254 titik posisi yang akan menganalisa kriteria wajah berdasarkan warna kulit, tipe wajah, gender, dan usia," kata Suwanto pada peluncuran Oppo F5 di Ritz Carlton Pacific Place, Senin (13/11/2017).

"Jadi kamera selfie F5 cara kerjanya mirip dengan reaksi otak manusia saat melihat wajah orang. Setelah itu teknologi kecerdasan buatan akan mempersonalisasikan kriteria efek berdasarkan wajah yang dikenali," sambungnya menerangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Foto Selfie Oppo F5

Kemampuan canggih ini, diklaim Suwanto merupakan jawaban Oppo atas maraknya perangkat lunak percantik wajah yang selalu menerapkan pendekatan sama pada subjek foto tanpa mempertimbangkan usia, jenis kelamin, warna kulit, dan subjek foto yang berpasangan.

Penasaran seperti apa hasil dari kemera selfie Oppo F5? Berikut foto-fotonya:

Oppo F5

Oppo F5

Oppo F5

3 dari 3 halaman

Hadir Dalam Tiga Varian

Oppo F5

Oppo F5

Hasil foto selfie Oppo F5. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Hasil foto selfie Oppo F5. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Hasil foto selfie Oppo F5. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Sekadar informasi, Oppo F5 hadir dalam tiga varian. Varian pertama adalah Oppo F5 edisi standar dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. F5 edisi standar sudah dijual di Indonesia mulai 11 November dengan pilihan warna Gold dan Black. Harganya Rp 3.999.000.

Adapun varian kedua Oppo F5 hadir dalam RAM 6GB dan memori internal 64GB. Untuk opsi warna, smartphone ini hadir dalam pilihan warna Red dan Black dan akan tersedia di pasaran mulai 2 Desember 2016. Terkait harga, smartphone  dibanderol seharga Rp 5.199.000.

Varian terakhir adalah Oppo F5 Youth. Sayang, Oppo tidak mengungkap harga dari F5 edisi budget ini. Ia hanya mengungkap F5 Youth bakal dijual akhir November 2017.

F5 Youth memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB. Selain itu kamera depannya mengusung resolusi 16MP dan kamera utama dengan resolusi 13MP.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.