Sukses

Dua Profesor Inggris Raih Nobel Fisika

Dua Professor asal Inggris Andre Geim dan Konstantin Novoselov meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisika karena berhasil membuat grafit dari karbon super tipis menjadi graphene yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan komputer yang lebih kuat.

Liputan6.com, Stockholm: Dua Professor asal Inggris Andre Geim dan Konstantin Novoselov meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisika. Demikian diungkapkan situs resmi Lembaga Nobel Fisika Royal Swedish Academy of Science di Stockholm, Swedia, Selasa (5/10).

Situs nobelprize menyebutkan dua ilmuwan tersebut terpilih karena mampu mengekstraksi grafit dari karbon super tipis. Benda yang disebut graphene itu dipercaya mampu dimanfaatkan sebagai bahan baku yang lebih kuat dalam pembuatan komputer. Alhasil, kedua Guru Besar dari Universitas Manchester itu dianggap berjasa dalam pengembangan teknologi di masa mendatang.

"Profesor Geim dan Novoselov dianggap berjasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi", kata sumber situs nobelprize. Beberapa sumber menyebutkan Geim 51 tahun dan Novoselov 36 merupakan ilmuwan kelahiran Uni Soviet dan kini telah menjadi warga negara Inggris.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.