Sukses

Tanya Tekno: Vendor Smartphone yang Rajin Rilis Software Update

Vendor smartphone apa yang paling rajin merilis software update keamanan?

Liputan6.com, Jakarta - Salam, nama saya Dery Maulana. Kalau boleh tanya, vendor smartphone apa yang paling rajin merilis software update? Terima kasih!

___

Halo, Dery! Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Kalau yang kamu maksud adalah smartphone berbasis Android, Google pernah merilis daftar smartphone yang selalu mendapatkan pembaruan secara rutin selama 2016.

Mengacu pada data tersebut, Nexus dan Pixel mendominasi dengan varian Pixel, Pixel XL, Nexus 5, Nexus 5X, Nexus 6, dan Nexus 6P.

Selain itu, model lain yang juga mendapat pembaruan keamanan adalah LG V20, Samsung Galaxy S7, Sony Xperia X Compact, OnePlus 3, bq Aquarius M5, dan Asus Zenfone 3.

Oppo dan Vivo, dua vendor asal Tiongkok yang sedang naik daun, juga termasuk ke dalam daftar itu dengan model Oppo A33W dan Vivo V3 Max. Sementara nama besar lain seperti Lenovo, HTC, Huawei, dan Xiaomi tak ada dalam daftar tersebut.

Namun Google mengatakan akan bekerja sama dengan mitra lain untuk memuluskan proses pembaruan, sehingga ke depannya lebih banyak perangkat yang akan mendapatkan pembaruan keamanan secara rutin.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini