Sukses

Unggah Gambar di Instagram, Hidup Anda Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Instagram disebut dapat menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang lebih bahagia. Setidaknya itulah hasil studi Kristin Diehl, seorang peneliti dari Southern California Marshall School of Business.

Diehl memang tak spesifik menyebut Instagram sebagai sarana membuat seseorang lebih bahagia. Namun, menurutnya, seseorang yang terbiasa mengambil foto sebuah kejadian tertentu ternyata dapat membuatnya lebih bahagia.

Kejadian yang diabadikan bisa berasal dari mana saja, tak terkecuali mengambil gambar foto makanan enak, jalan-jalan di taman, ataupun foto diri setelah berolahraga.

Studi yang dilakukan Diehl ini mengambil sampel 2.000 orang dalam sembilan percobaan berbeda. Masing-masing responden diminta untuk mengambil gambar atau tidak mengambil gambar sebuah peristiwa.

Setelah itu, tiap responden diminta untuk mengisi survei tentang perasaan mereka setelah melakukan tugas-tugas tersebut.

Hasilnya, responden yang mengabadikan sebuah momen merasa lebih terikat dengan peristiwa itu, meski hal itu adalah kegiatan sederhana.

"Kami menunjukkan, fotografi dapat meningkatkan kesenangan sebuah pengalaman positif sebab menimbulkan perasaan yang lebih terikat (dengan objek foto)," ujar Diehl, seperti dikutip dari laman Mirror, Senin (13/6/2016).

Lebih lanjut ia juga mengatakan riset ini merupakan penelitian pertama mengenai hubungan kegiatan berfoto yang ternyata dapat membuat seseorang lebih menikmati pengalaman tersebut.

Kendati demikian, ternyata tak semua kegiatan berfoto dapat menimbulkan efek positif. Para peneliti menemukan bahwa mengambil foto pengalaman negatif dapat meningkatkan kesedihan seseorang.

(Dam/Ysl)