Sukses

Apple Bakal Rilis iPhone Baru Tiga Tahun Sekali?

Liputan6.com, Cupertino - Mendekati perilisan iPhone 7, Apple malah diterpa kabar buruk. Perusahaan pembesut iPhone ini diberitakan kian terpuruk karena tidak inovatif dalam menghadirkan perangkat iPhone setiap tahunnya.

Apalagi ada yang memprediksi bahwa pamor iPhone 7 tidak akan begitu 'gemerlap' seperti seri iPhone pendahulunya karena disinyalir akan hadir dengan perubahan minor.

Untuk menghadapi isu tidak sedap ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut dikabarkan akan mengubah siklus perilisan iPhone.

Seperti diberitakan Mashable dari Nikkei Asian Review, Rabu (1/6/2016), Apple akan mengubah siklus perilisan iPhone baru (baik itu desain dan spesifikasi) menjadi setahun lebih lama, yaitu tiga tahun sekali. Padahal biasanya, Apple merilis iPhone terbaru tiap dua tahun sekali.

Nikkei menyebutkan, kondisi pasar smartphone yang kini sedang lesu serta melambatnya inovasi teknologi menjadi poin utama mengapa Apple memilih siklus 3 tahun sekali dalam menghadirkan iPhone terbarunya.

Diwartakan sebelumnya, Apple tengah bingung dalam mencari nama iPhone terbaru setelah iPhone 7. Sebab, mereka tak mungkin terus menamai iPhone anyarnya di setiap tahun dengan urutan angka.

Apple diketahui memiliki sistem "tick-tock" ketika memberikan nama iPhone setiap tahunnya. 'Tick' adalah periode tahun di mana iPhone dengan desain, spesifikasi, dan fitur baru diperkenalkan.

Sebut saja iPhone 4, 5, dan 6. Bisa dilihat, desain dari ketiga generasi smartphone tersebut benar-benar berbeda. Fitur dan spesifikasinya pun terus meningkat seiring seri terbaru hadir.

Sementara, 'Tock' adalah periode di mana iPhone versi rombakan dari 4, 5, dan 6 hadir di tahun berikutnya, seperti 4s, 5s, dan 6s.

Hanya secuil peningkatan yang hadir dalam segi spesifikasi dan fitur. Desainnya pun tidak berubah sama sekali. Pada tahun ini, Apple sedang berada dalam siklus Tick. Pasalnya, kita semua sudah tahu Apple akan merilis iPhone 7 dalam waktu dekat.

Nah, dengan bergantinya siklus menjadi 3 tahun sekali rilis, apakah sistem tick-tock ini masih akan diberlakukan oleh Apple? Hanya Apple dan Tim Cook yang tahu jawabannya.

(Jek/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Makin Jago Bahasa Indonesia, Choi Siwon Disarankan Membuat KTP
Artikel Selanjutnya
Azis Gagap Anggap Mundur dari Panggung Lawak Sebagai Keputusan Terbaik