Sukses

Magenta, 'Robot' Ciptaan Google yang Bisa Bernyanyi

Proyek terbaru Google akan menciptakan sebuah robot yang diklaim pertama kali berkutat di segmen musik.

Liputan6.com, Mountain View - Google bertekad membuat teknologi Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan) miliknya lebih seperti 'manusia'. Kali ini, Google membuktikannya dengan membuat robot yang memiliki kemampuan menciptakan musik, bahkan bisa bernyanyi.

Robot dengan codename "Magenta" ini diungkap sebagai proyek terbaru bagi Google dalam menggarap robot pertama yang berkutat khusus di dunia musik.

Dikutip dari Mirror, Kamis (26/5/2016), Google mengumumkan proyek Magenta di gelaran Moogfest, sebuah festival teknologi, musik dan seni yang dihelat di North Carolina belum lama ini.

Proyek Magenta akan dikerjakan persis seperti proyek AI lainnya seperti Deep Dream, yang akan menggunakan mesin pembelajaran (machine learning).

Singkat kata, machine learning di sini maksudnya adalah bekerja dengan software untuk menganalisis dan memproduksi beberapa contoh aktivitas.

Cara kerja Magenta cukup kompleks. Robot ini akan 'mendengarkan' musik selama berjam-jam. Setelah itu, ia akan memilah skema dari musik yang didengarkan dan memproduksi jenis musik baru.

Selain memberikan musik yang bisa didengarkan, Google juga bekerja sama dengan beberapa musisi untuk memperdengarkan karya musiknya kepada robot ini. Google yakin, Magenta akan sangat berguna menjadi robot yang memproduksi jenis musik baru dan bahkan bisa diperdengarkan ke publik.

Hingga saat ini, proses pengembangan Magenta masih dalam tahap jauh dari kata rampung dan belum bisa dipastikan apakah memang dapat digunakan secara komersial atau tidak.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini