Sukses

Begini Sepatu Canggih "Back to The Future" ala Nike

Liputan6.com, Jakarta - Dunia pertama kali mengenal Nike Air Mag pada tahun 1989 ketika Marty McFly yang dibintangi oleh Michael J Fox mengenakannya di sebuah film fiksi ilmiah, yakni Back to the Future.

Selama 27 tahun berselang, timbul beragam spekulasi akankah sepatu ini dapat tercipta dengan teknologi sekarang dan kapan tepatnya. 

Namun, mimpi yang sudah 'terkubur' selama hampir seperempat abad itu tiba tiba seolah akan terwujud saat Nike mengumumkan kehadiran sepatu yang konon bisa mengikat sendiri tersebut.

Sebagaimana dilansir dari Wired, Senin (21/3/2016), pihak Nike mengungkap sepatu canggih ini sudah bisa dibeli pada akhir tahun ini, namun harganya masih ditentukan.

(Doc: Wired)
Sepatu tersebut diberi nama HyperAdapt 1.0, dan bentuknya pun terinspirasi dari si sepatu kepunyaan Marty McFly itu sendiri.

Wakil Presiden Design Nike, John Hoke, mengatakan sepatu tersebut tidak menggunakan system tali sepatu tradisional pada umumnya, tetapi menggunakan semacam penarik yang ditenagai oleh baterai dari pangkal sepatu.

"Ketika si pemakai mengenakan dan menginjak bagian dalam dari sepatu, ada semacam sensor yang mengenalisa berat badan dan posisi kakinya. Sistem nya akan mengenali apakah Anda menumpu berat badan pada tumit atau kaki depan Anda, "ujar Hoke.

Saat sensor membaca posisi kaki, penarik tadi akan bekerja dan seolah mengikat tali pada sepatu Anda. Cara kerjanya mirip dengan alat pancing, yaitu tarik-ulur pada sebuah kumparan. Pengguna bisa mengatur kencangnya ikatan pada tombol kiri sepatu.

Hoke menambahkan, setelah beberapa kali pemakaian, si sepatu akan menyesuaikan pada pengaturan yang Anda sukai, layaknya kursi pada mobil Anda yang bisa tahu seberapa dekat posisi anda dengan kemudi. 

(Tia/Cas)