Sukses

6 Tips dan Trik di Snapchat yang Tak Banyak Diketahui

Cara untuk mengganti arah pandang kamera hingga menyimpan konten video dan gambar bisa ditemukan di sini

Liputan6.com, Jakarta - Snapchat sering disebut sebagai salah satu jejaring sosial yang populer di dunia. Berdasarkan data November 2015, Snapchat telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Kepopuleran Snapchat tak lepas dari fitur unik yang ditawarkan, salah satunya adalah kemampuan ephemeral. Selain itu, CEO Snapchat Evan Spiegel pernah mengatakan konten Snapchat begitu unik dan anti-mainstream. Itu yang menjadi daya tarik Snapchat.

Namun, mengingat aplikasi ini tergolong baru, belum banyak pengguna yang mengerti fitur dan kemampuan aplikasi tersebut. Salah satunya kemampuan untuk menyimpan konten yang diunggah. Tak jarang pengguna tahu pesan di Snapchat akan segera terhapus dalam jangka waktu tertentu.

Untuk itu, Tim Tekno Liputan6.com menghimpun 6 tips dan trik di Snapchat yang tak banyak diketahui pengguna. Tips ini dapat dipakai untuk memperkaya pengalaman mereka. Berikut tips dan triknya seperti dikutip dari laman Makes Use Of, Jumat (18/3/2016). 

1. Tukar Kamera Depan dan Belakang Saat Merekam

Banyak pengguna Snapchat mengira kamera hanya bisa dipakai satu arah saja saat merekam sebuah video, yakni kamera belakang atau depan. Namun, pengguna dapat mengganti arah kamera ketika merekam sebuah video. Untuk melakukannya pun cukup mudah, pengguna cukup mengetuk layar dua kali saat merekamnya.

2. Buat Frame dengan Huruf

Hampir dipastikan pengguna Snapchat mengetahui cara mengisi tulisan di sebuah snap. Pengguna cukup memilih 'T' yang berada di bagian layar ketika akan menggunggah sebuah gambar.

Tapi, tahukah Anda, huruf-huruf tersebut dapat diubah menjadi frame untuk memperkaya konten unggahan. Pengguna cukup memilih huruf-huruf yang dirasa tepat digunakan menjadi frame, lalu memperbesarnya sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, huruf "O" dapat digunakan sebagai frame bulat utuh pada gambar. Sementara, huruf "A" besar dapat dipakai untuk membuat sebuah frame segitiga utuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Atur Cerita dari Teman-teman Terdekat

Seperti yang sudah diketahui, Snapchat secara otomatis akan menyusun Snapchat stories berdasarkan alfabet setelah melewati bagian 'Recent Updates'. Di sisi lain, tak jarang pengguna ingin kembali melihat beberapa snap dari orang-orang terdekat.

Sayangnya, hal itu terkadang menyusahkan untuk dilakukan sebab tak jarang pengguna memiliki banyak teman dalam daftar kontaknya. Belum lagi ada kemungkinan nama teman-teman tersebut dimulai dengan huruf akhir dalam alfabet. Kegiatan mencari nama teman pun akan semakin sulit.

Dengan sedikit trik, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi. Pengguna cukup menambahkan huruf "A" di depan nama orang terdekat itu, untuk membuatnya selalu berada di atas dalam daftar kontak.

Cara melakukannya pun sederhana, pengguna cukup menggeser layar ke bawah dan pilih daftar 'My Friends'. Pilih nama kontak yang ingin diubah, lalu pilih lambang roda gigi dan ganti nama pengguna. Setelah itu, Anda tak perlu lagi repot mencari kontak dari orang-orang terdekat.

4. Gunakan Emoji untuk Atur Daftar Teman

Pada dasarnya, cara ini sama dengan tips sebelumnya. Hanya, kali ini pengguna dapat menggunakan emoji untuk membuat sebuah pengelompokkan dari teman atau seseorang yang diikuti.

Langkah yang dilakukan pun sama dengan cara sebelumnya, tapi pengguna harus menambahkan emoji di depan huruf pertama kontak yang dimaksud. Setelah itu, secara otomatis kontak tersebut akan dikelompokkan berdasarkan emoji yang diberikan.

Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan emoji hati untuk menandai keluarga ataupun kekasih. Sementara untuk musisi yang diikuti pengguna dapat menggunakan emoji gitar atau not dalam musik, dan emoji lain untuk membuat lebih banyak kelompok.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Berbagi Snap dari Discover Stories

Salah satu fitur yang menyenangkan dari Snapchat adalah Discover Stories. Lewat fitur ini pengguna dapat menemukan konten informatif dan menarik, yang berasal dari IGN, National Geographic, CNN, sampai MTV.

Dengan konten menarik tadi, tak jarang pengguna ingin membagi snap tersebut ke orang-orang terdekat. Sayangnya, seolah-olah Snapchat tidak memungkinkan hal tersebut. Padahal, ada cara untuk dapat melakukan hal tersebut.

Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan dan menahan konten dari Discover Stories yang dibagi. Setelah itu, konten tersebut akan berubah menjadi draft layaknya snap yang akan diunggah. Dari situ, pengguna cukup mengatur termasuk menambahkan filter, dan membaginya seperti biasa.

6. Menyimpan Cerita Snap Pengguna

Snapchat memang dikenal sebagai jejaring sosial yang mengunggulkan sistem ephemeral, yakni konten yang diunggah akan segera terhapus. Namun, bukan berarti konten yang diunggah pengguna tak bisa disimpan untuk ditonton kembali.

Pengguna cukup melakukan langkah-langkah yang sebenarnya sudah disediakan Snapchat di aplikasinya. Pengguna cukup menggeser layar ke arah kanan untuk melihat daftar cerita yang sudah diunggah di bagian 'My Stories'.

Pillih dan buka konten tersebut. Setelah itu, geser layar dari bawah ke atas dan pengguna akan menemukan jejeran ikon yang dapat digunakan. Pilihan menyimpan konten berada di bagian paling kanan ikon.

Selain itu, pengguna juga bisa melihat teman yang sudah melihat unggahan tersebut dengan memilih ikon mata di bagian paling kiri. Selamat mencoba.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini