Sukses

Uji Coba Ares I Sukses

Uji coba roket terbaru milik NASA, Ares I berjalan lancar di Utah, Amerika Serikat, Kamis (10/9).

Liputan6.com, Utah: Uji coba roket terbaru milik NASA, Ares I berjalan lancar di Utah, Amerika Serikat, Kamis (10/9). Dalam uji coba tersebut, lebih dari satu juta pon propelan terbakar dalam hitungan detik dan mengirimkan badai pasir dan debu di langit Utah.

Selama lebih dari dua menit, api meluncur di pangkal roket tersebut yang berlabuh horizontal ke tanah di sebuah bukit di atas Danau Great Salt. "Itu sesuatu, bukan?" kata Vice President Alliant Techsystems Inc, Charlie Precourt di ruang peluncuran seperti dikutip AP.

Lebih dari 4.000 orang menyaksikan pengujian secara langsung. Roket ini diklaim sebagai roket terkuat karena mampu memproduksi 3,6 juta pon daya dorong.

Uji coba ini adalah usaha kedua dalam dua minggu setelah uji coba sebelumnya yang sedikit bermasalah [baca: Roket Ares I Siap untuk Tes Kedua]. Kegagalan uji coba satu bulan silam disebabkan kerusakan sebuah komponen pengontrol pipa semprot.(AND)
       

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.