Sukses

BEAR, Si Robot Penolong

Liputan6.com, Massachusetts: Seorang pilot telah dapat digantikan oleh pesawat tak berawak. Begitu juga dengan tim SAR (search and rescue) kini bisa digantikan dengan sebuah robot.

Setelah sukses dengan Battlefield Extraction-Assist Robot (BEAR) generasi ke-4, perusahaan robot Vecna Robotics kembali membuat BEAR generasi terbaru.

BEAR dapat mengevakuasi prajurit di medan perang, hingga mendeteksi korban dan bangunan yang rusak akibat gempa. Robot ini juga bisa mengangkat korban dengan cepat dan membawanya ke tempat yang aman. Dengan bantuan BEAR dapat dihindari jatuhnya korban lain saat evakuasi.
 
Sejauh ini ada 9 kelebihan BEAR versi terakhir dibanding jenis sebelumnya. Antara lain BEAR versi ini dilengkapi pelindung tembakan dan ledakan, alat pengangkat canggih, dapat bergerak dengan cepat, bahan peledak, dan lebih gesit bergerak. Demikian yang dilansir Cnet News.
 
Prototipe terbarunya memiliki tubuh bagian atas yang sangat kuat dan dikendalikan dengan sistem hidrolik yang mampu menganggat benda hingga 500 pounds 226 kilogram. Selain itu dua kaki berbentuk rantai seperti pada buldoser, membuatnya dapat bergerak bebas dan lebih seimbang [baca: Bear Robot Penyelamat Prajurit].

Namun proyek yang disponsori militer Amerika Serikat ini belum tuntas. Vecna masih melengkapi kemampuan BEAR dengan sistem navigasi canggih dan meningkatkan kemampuan interaksi dengan manusia.(DIO)

 


    Loading