Sukses

Sony Berhasrat Patenkan Kata 'Let's Play'

Liputan6.com, Jakarta - Istilah 'Let's Play' telah menjadi sangat terkenal di situs berbagi video populer sejak digunakan oleh hampir semua orang yang mengepos video dirinya tengah memainkan sebuah permainan, yang juga kerap diwarnai komentar.

Ternyata baru-baru ini Sony dikabarkan mengajukan paten atas istilah tersebut. Dilihat dari pengajuan paten itu, Sony tampak seolah-olah sedang mencoba untuk mencegah para pesaingnya menggunakan istilah itu dengan mematenkannya.

Menurut informasi AllGamesBeta, yang dikutip dari Geek, Senin (11/1/2016), pengajuan paten ini sehubungan dengan video-video di situs berbagi video populer itu, bukan dalam rangka kampanye iklan baru.

Akan tetapi, di satu sisi Sony mengajukan paten ini supaya para pesaingnya seperti Microsoft tidak dapat menggunakan istilah tersebut. Selain itu, tidak ada kesan bahwa Sony berniat mencegah pengguna YouTube pada umumnya untuk menggunakan istilah itu.

Namun perlu dicatat ada banyak pengguna situs berbagi video populer yang berhasil mengantongi banyak uang dari video dengan tagline tersebut. PewDiePie, misalnya, yang pada tahun lalu mengantongi lebih dari US$ 7 juta dari videonya, akankah dihitung sebagai pesaing Sony, atau tidak?

Sony mengajukan paten itu pada bulan Oktober 2015 lalu. Kabar teraktual pada 29 Desember kemarin menyebutkan sebuah e-mail berisi pemberitahuan 'non-final action' kepada Sony.

Artinya, pemeriksa resmi menemukan sesuatu yang salah dengan pengajuan tersebut dan mengirimnya kembali ke Sony. Kemungkinan besar istilah ini terlalu umum dan Sony tidak bisa mematenkannya.

(Why/Isk)**

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Kapolsek Kembangan Dimutasi karena Gelar Pernikahan di Tengah Wabah Corona
Artikel Selanjutnya
KPU Usul Perppu Penundaan Pilkada 2020 Tidak Tentukan Tahap Pemilihan