Sukses

'Catatan' di Facebook kini Diperbarui, Apa Saja yang Berbeda?

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mulai menggelar pembaruan desain untuk fitur 'catatan', yang memungkinkan penggunanya menambahkan foto sampul (cover photo), keterangan (caption), dan format yang lebih ditingkatkan.

Pembaruan ini, berdasarkan informasi dari Venture Beat, Minggu (27/9/2015), bertujuan mendorong para pengguna Facebook untuk lebih banyak menulis catatan dalam jejaring sosial dan berpotensi lebih memudahkan sebuah blogging platform yang mirip dengan Medium.

Di luar kehadiran foto sampul yang menawarkan personalisasi catatan, Facebook juga memungkinkan penggunanya mengubah ukuran foto yang dimasukkan ke dalam catatan dan termasuk keterangan.

Terakhir, teks catatan dapat diubah ke dalam format 'header', kutipan, atau peluru (bullet). Intinya, pembaruan ini ingin memberikan fitur catatan sejumlah hal baru supaya lebih menonjol.

Adapun versi terbaru dari catatan ini dapat dilihat baik di ponsel maupun desktop, meskipun kemampuan untuk membuat catatan dengan fitur terbaru ini sementara hanya tersedia pada desktop.

Bulan Agustus kemarin, Facebook melakukan perbaikan besar-besaran untuk catatan. Tujuannya, memberikan pengguna ruang lain untuk menuliskan pemikiran dan pengalamannya dalam bentuk yang lebih panjang, sebagai ganti atas posting pembaruan status biasa yang panjang.

Kemudian, pembaruan catatan kali ini sepertinya merupakan sebuah cara dalam menarik 1,49 miliar pengguna aktif bulanan untuk membagikan pikiran dan pengalaman mereka di jejaring sosial.

Tentu, tampilan catatan yang telah diperbarui ini menjadi lebih 'segar', dan ini menjadi sebuah tantangan yang nyata bagi Medium dan Tumblr. Karena itu, menarik untuk dilihat apakah catatan Facebook terbaru ini akan menarik lebih banyak pengguna sebab Facebook memiliki efek jaringan utama dibandingkan yang lain.

(why/isk)