Sukses

PlazaKamera Ingin jadi e-Commerce Fotografi Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Industri digital Indonesia masih didominasi oleh sejumlah perusahaan perintis (startup) dari Jakarta dan Bandung. Untuk mendobrak fenomena tersebut, sebuah startup asal Surabaya merilis e-Commerce bernama PlazaKamera (plazakamera.com).

PlazaKamera mulanya hanya sebuah toko online untuk perlengkapan dan aksesoris fotografi dan video yang diawali dari satu forum seperti Kaskus dan menjual produknya di forum-forum lainnya pada tahun 2011.

Setelah mencapai pertumbuhan sebesar 1.100% selama tiga tahun, PlazaKamera meluncurkan sebuah fitur e-Commerce yang menjual beragam aksesoris fotografi, videografi, cinematografi, serta mengkhususkan diri melayani penggemar dan pekerja di bidang fotografi.

Namun fitur e-Commerce yang baru saat ini masih dalam versi beta. Rico Satria Chandra selaku founder tunggal Plaza Kamera mengawali debutnya dengan membeli inventoris pertama senilai US$ 700 dengan kartu kreditnya dari supplier dan kemudian menjualnya di berbagai forum online untuk penggemar fotografi. 

Pada Maret 2012, Rico mulai mengembangkan bisnis online-nya dengan lewat laman web plazakamera.com dengan platform berbasis wordpress.

“Semua pertumbuhan PlazaKamera adalah hasil dari kerja keras dan mengandalkan pengembangan bisnis berkelanjutan," kata Rico melalui keterangan tertulisnya, Jumat (5/12/2014).

Kini, PlazaKamera diklaim menjadi referensi para penghobi dan profesional di bidang fotografi dan videografi dengan rata-rata transaksi bulanan sebanyak 2500 pengiriman barang.

Menariknya, PlazaKamera tidak menjual kamera dan hanya menjual beragam aksesoris fotografi. Rico beralasan bahwa pemain yang menjual kamera sudah banyak, terlebih modal untuk inventoris kamera jauh lebih besar.

Sejauh ini setidaknya PlazaKamera telah menjual 800.000 item aksesoris dan hanya menghabiskan dana marketing sebesar Rp 70 juta selama tiga tahun.

Pertumbuhan bisnis rata-rata per tahun dari PlazaKamera sendiri mencapai 125%. Target ke depan, PlazaKamera ingin menjadi Photo+Video Superstore terbesar di Indonesia. (isk/dew)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer