Sukses

Cara Menghindari Iklan Tak Diundang di Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan Asosiasi Digital Indonesia (IDA) belum lama ini menyuarakan penolakannya terhadap praktik intrusive ads (iklan mengganggu) yang dilakukan operator seluler di Indonesia, Telkomsel dan XL Axiata.

Polemik `iklan tak diundang` yang muncul saat pelanggan mengakses sebuah situs ini sebenarnya sudah menjadi pembahasan lama sejak 1 tahun terakhir. Namun sampai sekarang upaya itu menurut idEA belum mendapat perhatian serius.

Bagi para pengguna perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet, pastinya sudah lumrah menemukan intrusive ads. Tak sedikit pengguna yang merasa terganggu dengan kemunculannya karena membuat proses loading situs yang ingin dituju menjadi berat.

Bahkan praktik ini menurut pihak idEA dan IDA, digolongkan sebagai upaya hijacking (pembajakan) atau hostile redirecting untuk menghasilkan keuntungan sepihak. Lalu bagaimana caranya agar dapat terhindar dari 'pembajakan' intrusive ads?

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Namun khusus pengguna perangkat mobile, cara paling ampuh untuk menghindari intrusive ads  adalah dengan mengunduh aplikasi ekstensi browser atau dikenal dengan sebutan add-ons (blokir iklan digital) untuk masing-masing browser yang kerap digunakan.

Salah satu aplikasi add-ons yang kerap digunakan oleh para pengguna perangkat mobile, khususnya Android, adalah aplikasi Adblock Plus. Ini adalah aplikasi ekstensi browser yang berfungsi untuk memblokir seluruh tampilan iklan digital, terutama yang berbasis JavaScript.

Dengan kata lain, jika Anda menginstalasi aplikasi ini pada perangkat, dan mengaplikasikannya pada browser, maka iklan-iklan digital yang tak dikehendaki akan diblokir. 

2 dari 2 halaman

Cara instalasi

Cara instalasi Adblock Plus

Bagi pengguna perangkat Android yang menggunakan browser Mozila Firefox, aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis. Selain itu, Anda pun bisa mengunduhnya melalui laman ini. Disarankan Anda mengunduhnya dari laman tersebut karena Google kurang mendukung aplikasi Adblock Plus yang terdapat di Google Play Store.

Cara penggunaannya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser pada perangkat Anda dan akses laman ini untuk mengunduh aplikasi Adbolck Plus. Setelah berhasil diunduh Anda harus menginstalasinya.

2. Setelah proses instalasi selesai, lakukan restart pada browser Firefox dan sekarang semua iklan di laman yang akan Anda tuju akan hilang.

(Cara penggunaan aplikasi Adblock Plus untuk browser Google Chrome juga sama)

Menariknya, Adblock Plus menawarkan pengaturan agar pengguna dapat memilah-milah laman mana saja yang ingin iklan digitalnya diblokir. Apakah semua laman yang diakses, atau Adblock Plus hanya diaktifkan untuk sejumlah laman tertentu saja.

Till Faida, co-founder Adblock pada sebuah wawancara dengan laman The Guardian menjelaskan bahwa Adblock mengajak pengguna untuk dapat bijaksana dalam memblokir iklan digital di internet. Ia mengatakan tidak semua iklan mengganggu dan harus diblokir.

"Memblokir semua iklan dapat merusak ekosistem internet. Internet dan konten-konten pendukung di dalamnya dapat berjalan juga berkat iklan. Maka bijaklah dalam menentukan mana iklan yang ingin dblokir dan mana yang tidak," terang Faida.