Sukses

66 Persen Tiket Mudik di Daop 9 Jember Ludes Terjual, Buruan Pesan

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, lanjut dia, calon penumpang dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access.

Liputan6.com, Jember - Penjualan tket kereta api angkutan Lebaran di wilayah Daerah Operasi 9 Jember sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan hingga saat ini sudah sebanyak 66 persen atau 110.800 tiket dari 18 perjalanan kereta api.

"Selama 22 hari masa angkutan Lebaran, Daop 9 Jember menyediakan 168.960 tempat duduk atau dalam sehari sebanyak 7.680 tempat duduk yang tersedia dalam 18 perjalanan KA," kata Plt Manager Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9, Azhar Zaki Assjari di Jember, dilansir dari Antara, Minggu (26/3/2023).

Menurutnya penjualan tiket sudah 100 persen untuk tanggal favorit pada H-3 sampai H-1 Lebaran atau 19-21 April 2023 karena adanya naik turun penumpang dan untuk H-7 sampai H-4 Lebaran atau 15 - 18 April masih tersisa tempat duduk sekitar 40 persen.

"Sedangkan tiket KA Lebaran untuk arus balik pada 24 April 2023 masih tersisa 11 persen tempat duduk, kemudian pada 25 sampai 26 April 2023 tiket terjual 100 persen. Untuk di hari-hari lainnya, penjualan tiket sudah rata-rata di atas 62 persen," tuturnya.

Untuk sejumlah kereta favorit keberangkatan tanggal tersebut yakni KA Ranggajati relasi Cirebon - Jember, KA Wijaya Kusuma baik keberangkatan Stasiun Ketapang menuju Stasiun Cilacap ataupun sebaliknya, KA Sritanjung relasi Stasiun Ketapang - Lempuyangan (PP), KA Tawangalun relasi Stasiun Malang kota lama - Ketapang dan KA Probowangi relasi Ketapang - Surabaya PP.

"Saya berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Connecting Train

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, lanjut dia, calon penumpang dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kereta api agar jangan tertipu pada orang-orang yang bisa menjanjikan atau menyanggupi menyediakan tiket kereta api pada tanggal-tanggal favorit," ujarnya.

Ia menjelaskan KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas.

Pemesanan tiket secara daring melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.